Dokodemo Kerja : Aplikasi Absensi Karyawan untuk WFH & Kerja Remote

aplikasi absensi karyawan

Aplikasi absensi karyawan dapat Anda gunakan untuk menjaga produktivitas karyawan selama mereka bekerja dari rumah. Semenjak ada virus Covid-19, memang semakin banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja remote atau Work From Home (WFH).

Diharapkan dengan sistem kerja remote, perusahaan tetap dapat menjalankan aktivitasnya seperti biasa meskipun pandemi masih berlangsung. Sistem Work From Home ini juga dipilih sebagai langkah pencegahan dari penyebaran virus Covid 19.

Pada sistem kerja tradisional, biasanya karyawan akan melakukan absensi melalui mesin time stamp, fingerprint,  atau time cards yang menggunakan sidik jari atau kartu. Namun karena karyawan bekerja dari rumah, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan. Hal inilah yang terkadang membuat perusahaan atau tim HR kesulitan untuk memantau absensi karyawannya. Jika tidak diatasi, hal ini tentu akan berdampak buruk untuk produktivitas perusahaan.

Untungnya, teknologi sudah semakin maju dan Anda dapat memanfaatkannya sebagai solusi untuk masalah tersebut. Saat ini sudah ada banyak aplikasi absensi karyawan yang bisa digunakan secara online untuk mengontrol karyawan yang bekerja dari jarak jauh, salah satunya adalah Dokodemo-Kerja.

Apa Itu Aplikasi Absensi Karyawan ?

Aplikasi absensi karyawan merupakan aplikasi yang digunakan untuk memantau absensi karyawan secara online. Tim HR atau perusahaan dapat menggunakannya untuk melacak dan mengetahui kapan karyawan mulai dan berhenti bekerja.

Meskipun karyawan berada di lokasi yang berbeda-beda, aplikasi absensi karyawan ini memungkinkan tim HR untuk mengetahui keterlambatan, keberangkatan awal, waktu istirahat, serta ketidakhadiran karyawan. Dengan data tersebut, tim HR dapat melihat tingkat kedisiplinan karyawan sehingga mudah untuk memberikan evaluasi perbulan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Teknologi Membantu Tugas Staff HRD?

Apa Itu Dokodemo-Kerja ?

Dokodemo-Kerja adalah sistem atau aplikasi absensi karyawan yang dikembangkan sebagai solusi digital untuk mengontrol kinerja karyawan. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan IT profesional yaitu PT Logique Digital Indonesia.

Aplikasi ini dapat berjalan pada perangkat desktop ataupun seluler sehingga sangat cocok untuk sistem kerja remote yang berjalan secara fleksibel. Selain itu, Dokodemo-Kerja juga memiliki banyak fitur yang berguna untuk manajemen waktu bagi perusahaan dan karyawan. Berikut beberapa fungsi dari fitur-fitur Dokodemo-Kerja.

aplikasi absensi karyawan

Kegunaan dan Fungsi dari Fitur-fitur Dokodemo-Kerja

  1. Memantau waktu kehadiran karyawan

Sistem Dokodemo-Kerja ini sangat fleksibel. Perusahaan atau tim HR dapat mengatur waktu masuk kerja untuk masing-masing karyawan sesuai dengan kesepakatan. Para pekerja kemudian dapat menggunakannya sebagai sistem untuk absensi kehadiran yaitu dengan cara login ke dalam sistem. Dengan sistem tersebut, Tim HR dapat melacak waktu login karyawan sehingga mereka dapat menetapkan apakah karyawan datang terlambat atau tepat waktu sesuai dengan set time atau jam masuk kerja yang sudah ditentukan sebelumnya.

Bagi perusahaan yang menetapkan jam kerja shift, Dokodemo-Kerja juga dapat dimanfaatkan untuk mengamati pola kerja karyawan. Dengan informasi tersebut, perusahaan dapat menentukan shift kerja yang sesuai dengan pola kerja karyawan sehingga produktivitas tetap terjaga. 

Baca Juga: 3 Software Untuk Memonitor Produktivitas Karyawan

  1. Memantau waktu istirahat karyawan

Istirahat dibutuhkan oleh semua karyawan termasuk para pekerja remote. Waktu istirahat dibutuhkan agar karyawan dapat kembali bekerja dengan pikiran yang segar. Meskipun demikian, tim HR perlu menentukan batas waktu istirahat agar pekerjaan masing-masing karyawan tidak tertunda. 

Dokodemo-Kerja memiliki fitur yang memungkinkan tim HR untuk mengetahui berapa lama waktu yang digunakan seorang karyawan untuk beristirahat. Dengan demikian, HR dapat memantau waktu istirahat karyawan agar tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan oleh manajemen.

  1. Mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk setiap tugas

Dokodemo menggunakan sistem time tracking untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang karyawan untuk mengerjakan sebuah task. Informasi tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawannya. Karyawan dapat membuat goals harian dan menentukan target berapa lama waktu untuk mengerjakan task. Dengan demikian, kemampuan karyawan dapat terasah dan produktivitas akan semakin meningkat meskipun bekerja dengan sistem kerja remote.

  1. Memonitor aktivitas karyawan dari jarak jauh

Dokodemo-Kerja ini bukan sekedar aplikasi absensi karyawan, namun juga aplikasi yang memiliki fitur untuk screen capture layar di perangkat karyawan. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah privasi karyawan Anda karena capture layar yang dihasilkan memiliki kualitas rendah.

Sistem ini dapat mengcapture layar dalam waktu yang acak untuk melihat apa saja aktivitas yang dikerjakan karyawan di layar laptopnya. Data tersebut akan dikirim ke tim HR untuk dievaluasi. Dengan Dokodemo-Kerja, tim HR akan sangat terbantu untuk memantau aktivitas karyawan di jam kerja meskipun mereka berada di lokasi yang berbeda. 

  1. Dapat digunakan kapan saja dan dimana saja

Karena aplikasi absensi karyawan ini dapat digunakan melalui perangkat desktop atau pun seluler, maka sistem ini dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Bahkan Dokodemo-Kerja juga dapat digunakan bagi para karyawan yang bekerja tanpa menggunakan laptop. 

Aplikasi ini menggunakan pelacakan GPS agar tim HR dapat memantau karyawan yang bekerja secara mobile seperti tim marketing. Sistem akan melacak lokasi setiap karyawan secara real time sehingga aktivitas karyawan tetap dapat terpantau dengan baik.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan sejumlah HR tools untuk memudahkan tim HR dalam mengelola tugas-tugasnya seperti sistem aplikasi bagi pekerja remote, aplikasi laporan pegawai harian, dan sistem aplikasi perekrutan pegawai. Jika Anda tertarik menggunakan HR tools yang kami kembangkan, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut, 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts