Video Populer Youtube yang Banyak Ditonton Selama Pandemi Covid 19

video populer

Selama masa pandemi, banyak orang menghabiskan waktunya untuk melihat video populer. Salah satu platform video yang banyak digunakan adalah Youtube.

Setelah beberapa bulan masa lockdown, Youtube akhirnya membagikan insight mengenai tren topik yang banyak dicari orang di platformnya. Salah satu hal yang membuat insight tersebut menarik adalah karena hampir semua wilayah di dunia memiliki tren topik yang serupa.

Seperti yang kita ketahui, sampai saat ini masa pandemi belum berakhir. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan dapat memanfaatkan insight yang dibagikan oleh Youtube untuk menyesuaikan jenis layanan atau produk mereka dengan tren yang sedang banyak digemari masyarakat. 

Baca Juga: 3 Jenis Iklan di Youtube ( Youtube Ads) yang Perlu Anda Ketahui

Pengguna Youtube di Indonesia

video populer

Berdasarkan info yang diperoleh dari wearesocial.com, YouTube masih menjadi platform video terbesar di dunia dan diperkiraan sebanyak 3 milyar orang menonton setidaknya satu video setiap bulan. Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa platform Youtube menjadi social media terpopuler. Statista juga menginformasikan bahwa pengguna Youtube di Indonesia adalah sebanyak 88% dari jumlah populasi. Jumlah tersebut lebih tinggi daripada pengguna Whatsapp dan Facebook di Indonesia.

Selain itu, diketahui bahwa 53% orang Indonesia menggunakan Youtube untuk mencari informasi mengenai suatu produk, dan 86 % menggunakannya untuk memahami cara menggunakan produk tersebut. Oleh karena itu, perusahaan Anda juga bisa membuat konten video yang relevan dengan produk dan tren yang sedang banyak digemari untuk meningkatkan jumlah konversi.

Video Populer Youtube Selama Pandemi Covid 19

Youtube menginformasikan sejumlah insight mengenai video populer yang dilihat oleh user sejak masa pandemi dimulai. Diketahui bahwa selama pandemi ini, banyak orang yang ingin mempelajari keterampilan baru. Berikut beberapa insight yang diperoleh dari Youtube.

  1. Video memasak

Masa lockdown dimulai sejak pertengahan Bulan Maret. Sejak masa itulah, penggunaan Youtube meningkat secara global. Salah satu video populer yang banyak dicari adalah tutorial memasak.

Secara global, Youtube menginformasikan bahwa banyak orang mencari informasi mengenai sourdough bread. Penayangan video tersebut semakin banyak karena adanya orang-orang berbagi challenge untuk membuat sourdough bread dengan benar.

Selain sourdough bread, minat orang-orang terhadap kopi Dalgona juga semakin bertambah. Konten tentang pembuatan kopi Dalgona menjadi video populer dan menjadi trending di beberapa negara seperti Kanada, Mesir, Jepang, Korea Selatan, bahkan juga di Indonesia. Selama masa lockdown, konten tersebut dapat membantu banyak orang untuk tetap bisa menikmati kopi premium di rumah.

  1. Video tentang merawat diri

Pencarian video yang berkaitan dengan makanan, olahraga, relaksasi, ataupun tidur menjadi semakin banyak sejak bulan Maret. Hal ini terjadi karena banyak orang ingin mengatasi kecemasan dan ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi global. 

Youtube secara khusus menyoroti video populer dengan beberapa topik seperti berikut :

  • Yoga

Pandemi membuat banyak orang terkurung secara fisik di rumah. Hal tersebut dapat mempengaruhi mental seseorang karena tidak bisa bertemu secara dengan rekan atau keluarga yang mereka cintai. Melihat hal tersebut, banyak orang memutuskan untuk memulai berlatih yoga untuk kesehatan mental mereka.

  • Meditasi

Sama seperti yoga, video populer yang berkaitan dengan latihan meditasi juga memiliki peningkatan peminat selama masa pandemi. 

  • Olahraga di rumah

Ketika tempat gym ditutup, orang-orang mulai mencari alternatif lain untuk bisa tetap berolahraga di rumah. Selain itu, video olahraga juga dapat membantu orang untuk bisa menjaga kebugaran fisik.

  • Suara Alam

Pengguna Youtube juga mencari video yang menayangkan suara alam untuk menghindari stres. Konten tersebut menjadi salah satu video populer karena banyak  digunakan orang untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik selama masa pandemi ini.

video populerSumber: youtube.com

  1. Koneksi sosial

Karena social distancing dan isolasi membatasi orang untuk bisa bertemu langsung, maka teknologi dapat dimanfaatkan untuk menjembatani kesenjangan tersebut.

Pengguna Youtube menggunakan video untuk bisa terlibat dengan yang lain. Mereka membuat konten video untuk bisa tetap terlibat antara satu dengan yang lain. Konten-konten tersebut juga termasuk video populer yang banyak ditonton oleh pengguna lainnya. Salah satunya adalah konten video #withme.

video populer
Sumber: youtube.com

Youtube mendorong para konten creator untuk berpartisipasi dengan kampanye “with me” untuk menghibur orang-orang ketika mereka berada di rumah. Peminat video with me telah meningkat sebanyak 600% sejak lockdown dimulai. Salah satu contoh video #withme seperti konten video berjudul “Get Ready With Me To Go Nowhere (thanks corona)”.

Selain video with me, orang juga banyak mencari video tutorial pembuatan masker. Seperti yang Anda tahu, masker sempat menjadi barang langka. Melihat hal tersebut, orang-orang menggunakan kreativitasnya untuk berbagi tutorial cara membuat masker sendiri.

  1. Video berkaitan dengan identitas

Karena masa pandemi telah mengganggu pekerjaan, rencana, dan banyak hal lain, orang-orang berusaha untuk menegaskan kembali profesi mereka. Mereka mulai membuat video untuk menunjukkan keterampilan yang mereka kuasai.

  • Di sini lain, video-video yang mengajarkan keterampilan baru juga memiliki banyak peminat seperti :Cara memotong rambut

Masa pandemi selama berbulan-bulan membuat banyak orang belajar untuk bisa memotong rambut sendiri.

  • Tips kecantikan

Selama pandemi, perusahaan memberlakukan Work From Home atau kerja remote di rumah. Hal tersebut membuat banyak perusahaan yang menggunakan video conference untuk meeting bersama tim atau klien.  Melihat hal tersebut, orang-orang mulai membuat konten yang berisi tips agar tetap terlihat cantik ketika menggunakan aplikasi video call. Video-video tersebut juga memiliki banyak peminat selama pandemi. 

Dengan berbagai video tutorial yang dibagikan di Youtube, orang-orang mendapatkan inspirasi untuk tetap bisa melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Baca Juga: Begini Cara Melakukan Optimisasi Video Promosi di Youtube

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT berpengalaman di Indonesia. Kami menyediakan berbagai jenis layanan digital untuk meningkatkan performa perusahaan Anda. Silakan hubungi kami atau klik Layanan logique untuk mengetahui informasi tentang layanan kami. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *