7 Website Penyedia Ikon Vektor Gratis untuk Desain Web dan Aplikasi

Saat ini terdapat berbagai platform di internet yang menyediakan ikon vektor secara gratis. Ikon merupakan salah satu komponen penting dalam desain. Dengan banyaknya platform yang menyediakan ikon gratis, para web developer dan web design akan lebih terbantu ketika mengembangkan suatu sistem. Mereka tidak perlu membuat desain lagi dari awal sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas yang lain.

Ikon memiliki peran penting dalam desain website dan aplikasi. Ikon biasanya berbentuk gambar kecil, atau simbol yang digunakan untuk merepresentasikan program software, file, ataupun suatu fungsi pada layar komputer. Dengan penggunaan ikon, user dapat dengan mudah mengenali dan menemukan item atau fitur yang mereka cari di halaman website atau aplikasi.

Biasanya, suatu proyek atau perusahaan memiliki permintaan desain yang spesifik. Seperti warna apa yang akan digunakan, jenis huruf, bentuk tombol, serta ikon vektor. Melihat beberapa permintaan tersebut, pihak pengembang harus menemukan ikon yang sesuai.

Oleh karena itu, berikut kami informasikan beberapa platform yang menyediakan ikon vektor berkualitas dengan beragam pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan proyek Anda.

  1. Freepik

Freepik merupakan salah satu platform terpopuler yang menyediakan ikon vektor gratis secara online. Di sini, Anda juga dapat menemukan desain ilustrasi, file PSD, serta foto gratis yang bisa digunakan untuk desain Anda.

Freepik menghasilkan ratusan vektor gratis setiap hari. Sampai saat ini di halaman website, Freepik menginformasikan bahwa mereka memiliki lebih dari 83.000 ikon yang bisa digunakan untuk kebutuhan personal atau komersial. Ikon vektor dan gambar juga tersedia dalam berbagai format yaitu format .PNG, .EPS dan .SVG.

Anda dapat dengan mudah menemukan desain yang sesuai dengan proyek Anda karena Freepik memiliki berbagai kategori. Beberapa kategori tersebut seperti desain animals, background, banner, button, cartoon, graphics, human, logo, map, dan masih banyak lagi. Freepik juga menawarkan paket premium yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mengakses semua konten yang disediakan.

  1. Flaticon

Flaticon menawarkan katalog lengkap ikon vektor. Ketika Anda melakukan pencarian ikon , maka akan muncul beberapa opsi yang ditampilkan di sudut kiri atas layar. Di dalam opsi tersebut Anda dapat memfilter desain sesuai kebutuhan. Jika Anda memilih opsi “Gratis” atau “free”, maka Anda akan menemukan beragam ikon yang bebas Anda gunakan.

Desain ikon di dalam platform ini tersedia dalam beberapa format, yaitu PNG, SVG, EPS, PSD, dan BASE 64. Jadi, apapun jenis ikon vektor yang Anda cari, Anda dapat menemukannya di platform ini.

Baca Juga: Mobile Friendly VS Responsive Design. Apa Perbedaannya ?

  1. Iconfinder

    ikon vektor

Iconfinder juga menjadi salah satu platform populer untuk menemukan ikon. Sampai tahun 2020 ini, Iconfinder menginformasikan bahwa platform mereka menyediakan 4,713,891 ikon SVG.

Iconfinder memiliki fitur bernama Icon Editor yang berfungsi untuk mengedit icon yang Anda inginkan. Untuk menggunakan fitur tersebut, Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal software di perangkat Anda. Fitur ini dapat digunakan secara langsung melalui web browser. Anda dapat mengubah warna, ukuran atau text pada desain Anda. Dengan demikian, ikon yang Anda inginkan dapat disesuaikan dengan brand atau permintaan klien.

  1. Icons8

Icons8 menyediakan sekitar 133.900 ikon gratis untuk berbagai style seperti untuk Android, iOS, atau Windows. Format file yang disediakan adalah PNG, SVG, PDF, dan EPS. 

Selain menyediakan beragam ikon, Icons8 juga menyediakan foto, dan musik gratis untuk pengguna non komersial.

Di dalam icons8 ini, tersedia juga fitur untuk mengedit ikon yang Anda inginkan. Anda dapat mengubah warna, menambah text, overlay, serta memberikan efek pada ikon tersebut.

  1. Icon Ninja

Icon Ninja merupakan platform yang menyediakan hampir 1 juta ikon gratis.  Format file yang disediakan adalah SVG dan PNG. Icon Ninja memberikan informasi terperinci pada file-file yang mereka tawarkan seperti jenis format, lebar, tinggi, ukuran file, dan masih banyak lagi. Selain web designer, Icon Ninja juga bisa digunakan oleh front end engineers atau PPT designers.

Baca Juga: 4 Prototyping Tools yang Berguna untuk UI UX Designer

  1.  Iconmonstr

Iconmonstr menyediakan sumber ikon vektor sederhana. Sampai saat ini sudah tersedia hampir 4496 ikon gratis dan terus berkembang. Ikon yang disediakan juga memiliki desain yang rapi dan tepat yaitu 24 piksel. Variasi ikon pada Iconmonstr pun beragam dengan berbagai format seperti SVG, EPS, PSD dan PNG. 

Salah satu hal yang menarik pada Iconmonstr adalah adanya layanan Icon Request. Layanan tersebut memungkinkan penggunanya untuk meminta creator mendesain ikon yang mereka inginkan. Iconmonstr akan menyediakan daftar ikon, kemudian pengguna dapat memberikan vote pada ikon yang akan dibuat selanjutnya.

  1. Vecteezy

    ikon vektor

 

Vecteezy merupakan situs web yang memiliki banyak grafik vektor gratis. Desain-desain yang disediakan berasal dari berbagai desainer di seluruh dunia. Pengelola Vecteezy ini akan mengumpulkan sejumlah materi gambar dan selalu diperbarui setiap hari. 

Sebelum mengunduh ikon yang Anda inginkan, Anda dapat melakukan beberapa perubahan dengan menggunakan editor online yang sudah disediakan. Anda dapat mengedit warna ikon, jenis huruf, ukuran, dan lain-lain. Vecteezy tidak memiliki batasan jumlah unduhan perhari. Namun, pengguna terdaftar dapat mengunduh file dengan lebih cepat daripada pengguna yang tidak terdaftar.

Baca Juga:  Apa Itu Adobe XD? Apa Saja Fitur Terbaru yang Dimilikinya ?

Layanan Logique Digital Indonesia

LOGIQUE menyediakan jasa pembuatan website dan pengembangan aplikasi dengan design yang mudah dioperasikan. Anda dapat menghubungi Logique atau klik Layanan Logique Digital Indonesia untuk mengetahui informasi lengkap mengenai layanan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts