6 Cara Mendapatkan Backlink untuk Meningkatkan Peringkat Website

Apakah Anda sedang mencari cara mendapatkan backlink? Jika iya, maka artikel ini dapat membantu Anda. Membangun backlink saat ini masih menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat web di halaman mesin pencari. Dengan peringkat yang baik, website Anda akan memperoleh web traffic yang tinggi sehingga peluang terjadinya konversi juga akan menjadi lebih besar.

Mendapatkan backlink dari banyak website memang tidak mudah. Anda juga harus memastikan bahwa backlink tersebut berkualitas agar bisa membawa dampak positif untuk website Anda. Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mendapatkan backlink, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu backlink serta cara kerjanya.

Apa Itu Backlink? Mengapa Berpengaruh pada Peringkat Web?

Backlink adalah tautan di situs web eksternal yang mengarah ke website Anda. Backlink juga dikenal dengan istilah external backlink atau inbound link.

Mesin pencari akan menganggap setiap backlink yang mengarah ke website Anda sebagai indikasi bahwa website Anda memiliki kualitas yang dipercaya banyak orang. Semakin banyak backlink yang Anda peroleh, maka semakin tinggi peringkat web Anda di halaman pencarian. Meskipun demikian, Anda tetap harus memperhatikan bahwa backlink yang didapat memiliki kualitas yang baik.

Backlink yang berkualitas dapat diperoleh dari website yang memiliki performa baik serta memiliki konten yang relevan dengan isi web Anda. Link yang berkualitas memiliki peran yang lebih penting daripada kuantitas link. Sejumlah link yang diperoleh secara sah dari website resmi akan memberi dampak yang jauh lebih baik untuk peringkat web daripada lusinan link yang Anda peroleh dari situs spam.

Anda juga perlu berhati-hati karena penggunaan link yang berlebihan menjadi salah satu penyebab terkena Google Penalty. Google menghukum website yang memanipulasi algoritmanya seperti dengan membeli tautan, melakukan pertukaran link yang berlebihan, atau menggunakan program untuk membuat link otomatis.

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas? Berikut informasinya untuk Anda.

6 Cara Mendapatkan Backlink

  1. Buat konten atau artikel berkualitas

Langkah pertama yang dapat dilakukan sebagai cara mendapatkan backlink adalah dengan menyediakan konten berkualitas. Menyediakan konten yang bermanfaat akan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak backlink. Perlu Anda ketahui, para web blogger dan pemilik situs web lain juga akan mengarahkan backlink jika konten yang Anda sediakan memiliki nilai, unik, serta relevan dengan website mereka.

Agar lebih mudah mendapatkan backlink, terdapat beberapa jenis konten yang sering mendapatkan backlink dari web lain, yaitu :

  • Konten yang menawarkan saran atau instruksi terperinci. Anda dapat membuat artikel seperti “Bagaimana Cara Membuat Bug Report yang Baik ?”. Artikel ini dapat diposting oleh website lain yang bergerak pada bidang teknologi atau web untuk para developer.
  • Quiz juga bisa mendapat banyak backlink karena konten tersebut menyenangkan. Namun perlu diperhatikan, quiz yang Anda buat harus tetap relevan dengan isi website Anda.
  • Konten statistik atau fun fact juga sering mendapat backlink karena konten tersebut berisi informasi yang berguna untuk banyak orang.
  1. Memulai Guest Blogging

Gust blogging juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas. Anda dapat mencari website atau blog profesional yang menerima guest blogging. Guest blogging atau guest posting merupakan tindakan menulis suatu konten untuk situs website lain. Guest blogging juga bisa menjadi cara untuk memperkenalkan web Anda kepada audiens yang baru. Dengan guest blogging, Anda bisa membuat konten untuk website lain dan menautkan link yang mengarah ke website Anda sendiri.

Baca Juga: 7 Strategi SEO untuk Mengoptimalkan Peforma Situs Marketplace Anda

  1. Buat Infografis

Selain membuat konten yang mendalam, cara mendapatkan backlink yang lain adalah dengan menyajikan konten infografis untuk menyampaikan informasi kepada pembaca.Pada umumnya, konten infografis akan bersifat visual sehingga banyak dibagikan di berbagai website. Konten infografis juga sering digunakan sebagai cara untuk mendapatkan backlink dan web traffic. 

cara mendapatkan backlink

Ketika membuat konten infografis, Anda harus menyesuaikannya dengan isi halaman web Anda. Selain itu, pastikan juga informasi yang disampaikan di dalamnya memiliki nilai atau berguna untuk banyak orang. Untuk membuat tampilan infografis yang terlihat profesional, Anda bisa menggunakan Canva atau Piktochart.

  1. Memberikan komentar di blog berkualitas

Salah satu cara mendapatkan backlink dengan mudah adalah dengan memberikan komentar di blog web lain. Namun, komentar yang diberikan harus Anda lakukan dengan cara yang benar. Karena jika tidak, maka tindakan Anda akan dianggap sebagai spam yang justru akan membawa dampak buruk untuk web Anda.

Berikan komentar sebagai cara untuk terlibat dengan komunitas di web tersebut. Sebagai contoh, untuk membantu pembaca lain Anda dapat menawarkan informasi atau artikel yang berkaitan dari website Anda. Anda juga mencari website forum online yang sesuai dengan niche web Anda untuk berbagai informasi di sana.

  1. Menggunakan influencer marketing 

Dalam beberapa tahun terakhir, influencer marketing menjadi salah satu cara pemasaran yang cukup populer. Ketika Anda membuat kerja sama dengan influencer, mereka dapat membantu mempromosikan situs web Anda, menautkan backlink web Anda di halaman web yang mereka kelola, menulis tentang Anda, dan masih banyak lagi.

  1. Klaim kembali link website Anda

Ketika seseorang menyebut alamat web Anda namun tidak menautkan link di dalamnya, Anda dapat memanfaatkannya sebagai cara mendapatkan backlink. Untuk mengetahui, web mana saja yang tidak menautkan link kembali ke halaman Anda, Anda dapat menggunakan tool bernama Awario. Tool ini akan memberikan pemberitahuan ketika Web Anda disebut di suatu halaman website. Jika hal ini terjadi, Anda dapat menghubungi pemilik web tersebut dan meminta untuk menambahkan backlink di halaman mereka.

Baca Juga: 9 Cara Optimasi SEO untuk Meningkatkan Website Ranking di Google

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia, menyediakan layanan optimasi SEO serta digital marketing untuk perusahaan Anda. Logique juga memiliki beragam layanan lain yang dapat Anda lihat di halaman Layanan Logique. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts