7 Cara Membuat Landing Page yang Menarik Target Audiens

Terdapat beberapa cara membuat landing page bekerja dengan baik. Tujuan pembuatan landing page adalah untuk pemasaran. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan strategi yang tepat agar landing page yang Anda sediakan di halaman website dapat mendorong konversi. Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat landing page, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu landing page.

Pengertian Landing Page

Dalam pemasaran digital, landing page adalah halaman web yang dibuat secara khusus untuk kampanye iklan atau pemasaran. Biasanya pengunjung “mendarat” setelah mereka mengklik tautan dalam email, atau iklan yang mereka temukan di Google, Youtube, Facebook, Instagram, atau platform yang lain.

Tidak sama seperti halaman website pada umumnya, landing page dibuat dengan tujuan khusus yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan suatu tindakan, atau dikenal sebagai Call To Action (CTA). Jika halaman ini dirancang dengan baik, maka landing page dapat meningkatkan konversi dari kampanye iklan atau pemasaran yang sudah Anda buat.

Secara garis besar, fungsi landing page ada dua, yaitu:

  1. Lead Generation

Landing page ini digunakan untuk mengumpulkan data pengunjung atau lead. Dengan landing page, diharapkan pengunjung mau mengisi formulir seperti data nama dan alamat email. Data tersebut nantinya dapat digunakan untuk memberi informasi mengenai layanan, promo, atau informasi terbaru.

  1. Click Through

Tujuan landing page adalah agar pengunjung mau menekan tombol Call to Action yang tersedia, seperti “dapatkan promonya sekarang”, “hubungi kami” atau yang lainnya. Biasanya landing page ini digunakan oleh website B2C atau e-commerce.

cara membuat landing page

Landing Page berbeda dengan Home Page

Perlu Anda ketahui, landing page berbeda dengan home page. Dua halaman ini memiliki karakteristik yang tidak sama.

Karakteristik Homepage :

  • Merupakan halaman pertama yang dilihat pengunjung ketika membuka website
  • Memiliki komponen navigasi untuk mengakses halaman-halaman lain di website
  • Menjadi tempat yang digunakan pengunjung untuk melihat produk atau layanan yang ditawarkan

Karakteristik Landing Page :

  • Halaman yang didesain untuk mendorong pengguna agar mereka fokus pada satu produk atau layanan. Tujuannya adalah agar pengunjung dapat segera melakukan tindakan atau transaksi di website tersebut.
  • Berisi Call to action yang mengajak pengunjung untuk melakukan aksi tertentu, seperti melakukan subscribe, membeli produk, atau yang lain.

Baca Juga: 4 Cara Efektif untuk Meningkatkan Conversion Rate

Cara Membuat Landing Page yang Berfungsi dengan Baik

  1. Membuat persona

Cara membuat landing page yang pertama adalah dengan membuat persona yang ideal untuk bisnis Anda. Ketika Anda mengetahui siapa target audiens Anda, maka Anda akan lebih mudah untuk menentukan landing page seperti apa yang sesuai untuk mereka. Oleh karena itu, Anda juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menginspirasi mereka.

  1. Sajikan penawaran

Dalam satu halaman landing page, sebaiknya Anda hanya menyediakan satu tautan untuk memandu pengunjung melakukan tindakan yang Anda inginkan. Jika Anda menyediakan terlalu banyak link atau opsi di halaman landing, maka pengunjung akan kesulitan untuk menentukan keputusan yang akan dilakukan.

Cara membuat landing bekerja secara efektif adalah dengan menyediakan arahan yang jelas. Selain itu, halaman juga harus menyediakan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna sehingga mereka segera melakukan tindakan.

  1. Membuat judul dan teks yang menarik

Cara membuat landing page berfungsi dengan baik adalah dengan mempersiapkan judul yang menarik. Judul menjadi bagian yang akan dilihat pertama kali oleh pengunjung. Judul juga sering menjadi faktor penentu apakah mereka akan melakukan konversi atau tidak.Oleh karena itu, judul harus Anda buat semenarik mungkin. Buat judul yang dapat menginformasikan manfaat apa saja yang dapat pengunjung rasakan ketika mereka melakukan tindakan yang Anda harapkan.

Jika Anda kesulitan menemukan kata-kata yang tepat untuk judul Anda, maka Anda dapat menganalisis gaya bahasa yang digunakan oleh target audiens Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk membuat judul yang dapat sesuai dengan target audiens Anda.

Selain judul, Anda juga perlu memperhatikan teks yang digunakan dalam halaman landing page. Copy atau salinan teks  tersebut berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada para pengunjung. Teks yang Anda buat harus dapat mencerminkan brand Anda.

  1. Tambahkan komponen visual

Cara membuat landing page yang menarik juga dapat dilakukan dengan menambah konten visual di dalamnya. Anda dapat menambahkan gambar atau video untuk membantu pengguna memvisualisasikan manfaat yang mereka peroleh ketika mengambil tindakan. Menambahkan gambar dapat membuat halaman landing Anda menjadi lebih menarik. Karena pengguna tidak dapat menyentuh barang yang Anda tawarkan, maka dengan menambahkan komponen gambar pengguna bisa memiliki gambaran mengenai produk yang ditawarkan.

  1. Tambahkan social proof

Cara membuat landing page berfungsi dengan efektif adalah dengan menambahkan bukti sosial atau social proof. Untuk meyakinkan pengguna, Anda dapat menambahkan social proof atau review pelanggan di halaman landing page. Menggunakan review juga dapat meningkatkan rasa percaya pengguna terhadap brand Anda.

  1. Tambah Tombol Call To Action

Tombol call to Action juga menjadi komponen penting dalam halaman landing page. Jika audiens Anda tidak dapat melihat tombol Anda dengan jelas, mereka tidak akan tahu apa yang harus dilakukan. Selain itu, kalimat Call to action yang digunakan harus jelas, singkat, mudah dimengerti dan to the point.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Iklan Banner yang Efektif Menarik Pelanggan

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique menyediakan jasa pembuatan website untuk Anda. Kami memiliki pengalaman untuk mengembangkan bisnis melalui platform digital. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts