7 Strategi SEO untuk Mengoptimalkan Peforma Situs Marketplace Anda

Strategi SEO ternyata tidak hanya diterapkan untuk blog namun juga untuk web ecommerce. Situs ini menjadi salah satu platform terfavorit yang digunakan oleh banyak orang untuk menjual atau membeli suatu produk.

Memasarkan produk melalui web ecommerce memang terbilang cukup efektif. Pembeli hanya perlu mengunjungi satu situs web untuk membeli beragam produk.  Di Indonesia, situs ecommerce sendiri sudah sangat beragam sehingga memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Oleh karena itulah, jika Anda ingin mengembangkan situs ecommerce maka Anda perlu mengaplikasikan strategi SEO dengan tepat.

7 Strategi SEO Untuk Situs Ecommerce

  1. Mengoptimalkan struktur website

Memiliki struktur website yang baik tidak hanya akan memberi pengaruh pada peringkat web namun juga peluang terjadinya pembelian produk. Tanpa struktur web yang baik, pengguna akan kesulitan untuk mengoperasikan situs web dan beralih menggunakan web kompetitor yang lain.

Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan struktur web.

  • Situs ecommerce Anda harus menggunakan protokol HTTPS untuk melindungi data pelanggan. Situs ecommerce memiliki banyak data sensitif di dalamnya, sehingga Anda harus menggunakan protokol HTTPS yang lebih aman. Google juga menyarankan penggunanya untuk selalu menggunakan HTTPS daripada HTTP. Oleh karena itu, jika web Anda ingin lebih diprioritaskan oleh Google, maka Anda harus menggunakan HTTPS.
  •  Tingkatkan loading speed halaman untuk mengurangi bounce rate yang tinggi. Pengunjung juga tidak menyukai website yang membutuhkan waktu lama untuk membuka sebuah halaman.
  • Pastikan website sudah mobile friendly
  • Menggunakan breadcrumb yaitu navigasi pada web untuk menunjukkan kepada pengguna di mana mereka berada di dalam situs tanpa harus memeriksa URL.
  • Gunakan URL yang bersih yaitu slug URL yang mudah dibaca oleh web visitor seperti https://website.com/Sepatu-Wanita/
  1. Riset kata kunci untuk ecommerce

Sama seperti blog, strategi SEO untuk ecommerce juga membutuhkan riset kata kunci. Salah satu tool yang dapat Anda gunakan adalah Google Keyword Planner. Cari kata kunci relevan yang memiliki volume pencarian yang tinggi namun dengan tingkat persaingan yang rendah. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan kata kunci tersebut di dalam web Anda seperti untuk anchor text, struktur kategori halaman, title tag, atau yang lain. Dalam pembuatan konten Anda juga dapat mempertimbangkan long tail keyword untuk performa yang lebih baik.

  1. Optimalkan halaman produk

Halaman produk memiliki peran penting untuk kesuksesan web ecommerce Anda. Oleh karena itu optimalkan setiap area termasuk bagian heading, meta title, dan meta description. Jika terdapat produk yang sudah tidak dijual lagi, maka redirect halaman tersebut ke halaman produk yang baru. Anda juga dapat membuat konten video untuk demo produk yang dijual. Gunakan juga internal link untuk menyarankan produk yang saling berkaitan untuk mendorong lebih banyak penjualan. Agar web mendapat lebih banyak kunjungan, maka situs ecommerce juga harus terintegrasi dengan social media.

Baca Juga: 7 Tips untuk Mengoptimalkan Halaman Produk Web Store Anda

  1. Optimalkan halaman kategori

Selain halaman produk, halaman kategori juga perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkannya :

  • Buat struktur halaman kategori dengan menggunakan kata kunci spesifik.
  • Optimalkan meta description untuk halaman kategori. Buat ringkasan produk terlihat unik, kreatif, serta mendorong pengguna untuk mengklik kategori produk yang Anda buat.
  • Gunakan gambar berkualitas.

STRATEGI SEO

  1. Tambahkan sitemap.xml ke Google Search Console

Menambahkan sitemap.xml ke Google Search Console dapat membantu mesin pencari untuk mengindeks konten yang ada di website Anda. Sitemap.xml adalah daftar semua halaman penting dari situs ecommerce Anda. Dengan menambahkan sitemap.xml, mesin pencari dapat lebih mudah untuk menemukan dan merayapi semua halaman tersebut.

  1. Hindari broken links atau link error

Sama seperti strategi SEO pada blog, broken link juga dapat mempengaruhi performa website ecommerce Anda. Ketika mengoperasikan sebuah web, terkadang pengunjung menemukan link rusak yang menampilkan pesan error 404. Hal tersebut dapat memberikan pengalaman yang buruk untuk pengguna. Selain itu, Google juga tidak menyukai website yang memiliki broken link di dalamnya. Oleh karena itu, sebagai pengelola web ecommerce Anda harus melakukan maintenance secara rutin untuk menemukan broken link agar bisa segera diperbaiki. Saat ini terdapat beberapa tools yang dapat digunakan untuk menemukan link yang rusak di website Anda seperti Screaming Frog atau Sitebulb. Jika Anda menemukan link error maka Anda dapat redirect link tersebut ke halaman yang baru.

  1. Buat lebih banyak konten

Strategi SEO selanjutnya yang terbukti berpengaruh pada performa web adalah pembuatan konten. Tanpa konten atau pun teks, Google dan search engine lain tidak dapat mengetahui apa isi website Anda. Gunakan kata-kata seperti “Free Shipping” atau “Sale” untuk memaksimalkan CTR halaman Anda.

Untuk mendatangkan lebih banyak traffic, Anda juga bisa membuat blog di halaman ecommerce. Hubspot menginformasikan bahwa website yang rutin memposting blog bisa mendapatkan traffic yang tinggi daripada web tanpa blog. Buatlah blog menggunakan gambar, kata kunci, dan isi konten yang relevan dengan bidang industri Anda. Dengan demikian, blog yang Anda buat juga dapat membantu meningkatkan brand awareness ecommerce Anda.

Baca Juga: Cara Mengelola Blog yang Berdampak Positif untuk Bisnis

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda berencana untuk mengembangkan website ecommerce, Anda dapat menghubungi Logique Digital Indonesia. Logique memiliki tim profesional yang akan membantu proses pengembangan ecommerce serta melakukan optimasi agar website Anda dapat menghasilkan konversi yang tinggi.

Logique juga menyediakan berbagai jenis layanan lain untuk Anda seperti pembuatan aplikasi , jasa optimasi SEO, digital marketing, web design, penetration testing, dan lain-lain. Silahkan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mengetahui info secara lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts