Apa Itu FTP? Bagaimana Cara Kerjanya?

Sumber: pixabay.com

File Transfer Protocol memiliki peran yang sangat penting dalam pertukaran informasi dalam satu komputer. Tanpanya, tidak akan ada yang namanya mengunduh, mengunggah, browsing, serta menonton video. Jika Anda tidak tahu apa itu File Transfer Protocol dan cara kerjanya, artikel ini akan membahasnya.

Apa Itu FTP?

FTP atau File Transfer Protocol yaitu protokol yang bertugas untuk menjebatani pertukaran informasi di dalam suatu komputer. Jika Anda mengunduh dan mengunggah file, semua aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan adanya bantuan protokol ini.

Terdapat dua hal penting dalam FTP, yaitu server dan client. FTP server menjalankan software dengan fungsi memberikan layanan tukar menukar file yang selalu siap apabila ada permintaan dari FTP client.  Sedangkan FTP client merupakan komputer yang Anda gunakan dalam melakukan berbagai aktivitas. Komputer Anda sebagai FTP client harus terhubung dengan FTP server untuk dapat menukar file dan melakukan aktivitas seperti download, upload, rename, delete, dan lainnya.

Baca Juga: Mengapa Menjaga Keamanan Aplikasi Penting Bagi Perusahaan Anda ?

Bagaimana Cara Kerjanya?

File Transfer Protocol bekerja mengandalkan autentikasi standar yang meminta pengguna komputer memasukkan username dan password untuk mengakses suatu data. Setiap Anda ingin mengunduh, mengunggah, atau melakukan hal lainnya terhadap data dalam komputer, diperlukan akses dari File Transfer Protocol untuk perintah yang Anda lakukan.

Password dan username tersebut lah yang menjadi kunci akses Anda untuk mengakses data di dalamnya. Dengan password dan username yang diberikan protokol tersebut, Anda dapat dengan leluasa memindahkan, menyalin, membuat, dan menghapus data yang ada di dalam direktori penyimpanan komputer.

Tetapi, sebelum terjadi pertukaran data tersebut, FTP client terlebih dahulu harus melakukan permintaan koneksi terhadap FTP server. Jika FTP client terhubung ke FTP server, di situ lah nantinya akan terjadi aktivitas yang sedang Anda lakukan seperti mengunduh data, mengunggah, dan lainnya.

FTP
Sumber: pixabay.com

Kelebihan dan Kekurangan

File Transfer Protocol sebagai protokol yang menjembatani pertukaran informasi di dalam suatu komputer tentunya memiliki kelebihan seperti:

  • Memiliki sistem keamanan enkripsi pada jaringan yang digunakan sehingga tidak perlu khawatir akan kejadian peretasan data pribadi.
  • Memiliki fungsi sebagai penyimpanan dimana data yang dikirimkan tidak akan hilang atau dihapus oleh komputer dan perangkat lainnya.
  • Meski memerlukan verifikasi, tetapi sudah ada software yang membantu Anda untuk melakukannya beserta petunjuk verifikasi.
  • Dapat menjembatani pertukaran informasi serta file antar komputer. Selama prosesnya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang melindungi data yang Anda kirim ataupun terima.
  • Mampu melakukan backup data dan file, termasuk restore suatu website.
  • Transfer data dan informasi mudah dan efisien.
  • Dapat digunakan sebagai indirect computer atau implicit remote computer.

Di samping kelebihannya, protokol ini pun memiliki kekurangannya seperti:

  • Sangat bergantung dengan sistem keamanan enkripsi. Tanpa adanya sistem tersebut, protokol ini tidak aman untuk digunakan untuk transfer data dan informasi.
  • Desain yang tidak begitu kuat sehingga dapat membahayakan administrator karena minimnya informasi tentang faktor risiko yang dihadapi.
  • Kesalahan dalam menyampaikan informasi sering terjadi sehingga administrator sulit untuk memahami informasi yang diterima.

Baca Juga: Tips untuk Meningkatkan Website Security Perusahaan Anda

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts