Beberapa tips copywriting berikut dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Copywriting adalah kegiatan membuat tulisan pemasaran dengan tujuan agar pembaca memberikan respon yang Anda harapkan seperti melakukan pembelian produk, mendaftar, atau yang lain. Media yang digunakan untuk copywriting pun bermacam-macam mulai dari media tradisional sampai media digital.
Jika Anda tertarik dengan bidang ini, maka terdapat beberapa tips copywriting yang yang perlu Anda perhatikan. Berikut informasinya untuk Anda.
Table of Contents
4 Tips Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan
1. Kenali target audiens Anda
Tips copywiritng yang pertama adalah mengenali target auidiens Anda. Salah satu kesalahan paling umum pada penulisan iklan pemasaran adalah ketika copywriter menulis iklan untuk mereka sendiri dan bukan untuk target audiens. Hal ini dapat mengakibatkan pesan iklan tidak dapat diterima dengan baik oleh calon pelanggan.
Oleh karena itu, untuk membuat tulisan pemasaran yang bagus, maka Anda perlu memahami siapa target audiens Anda. Anda harus tahu apa keinginan mereka, apa masalah dan solusi yang mereka cari, berapa usia mereka, style dan bahasa yang mereka gunakan, dan lain-lain. Jika Anda dapat memahami target, maka iklan yang Anda buat akan memiliki engagement yang baik sehingga dapat mengarahkan pada penjualan.
Baca Juga: SEO Copywriting: 4 Aturan Penting untuk Pembuatan Konten Web
2. Fokus pada benefit dari suatu produk/layanan
Ketika membaca suatu iklan, calon pelanggan akan lebih memperhatikan pada benefit daripada fitur. Sebagai contoh, sebuah mobil memiliki banyak fitur seperti airbag, seat belt, atau kaca jendela yang kuat. Untuk menekankan iklan pada benefit, maka Anda dapat menjelaskan bahwa mobil tersebut dapat memberikan keamanan dan kenyamanan untuk Anda dan keluarga.
Pada dasarnya, benefit atau manfaat merupakan suatu hal yang dapat membuat pelanggan merasa senang ketika membeli produk Anda. Jika benefit yang Anda tawarkan sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan, maka pesan iklan dapat membuat pelanggan melakukan pembelian. Itulah sebabnya mengapa Anda juga perlu memahami siapa target audiens Anda. Dengan mengenalinya maka Anda bisa menjelaskan benefit produk sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan.
3. Tulis iklan dengan singkat dan jelas
Tips copywriting selanjutnya adalah dengan membuat iklan pemasaran menggunakan kalimat yang singkat dan jelas. Hal ini dapat membantu calon pelanggan untuk memahami isi penawaran Anda dengan cepat. Selain itu, calon pelanggan biasanya juga malas untuk membaca iklan dengan kalimat yang terlalu panjang.
4. Buat headline iklan yang menarik
Headline menjadi bagian penting dalam pembuatan iklan karena berfungsi untuk menarik perhatian target audiens. Ketika para calon pelanggan sudah tertarik dengan headline yang Anda buat, maka mereka akan melanjutkan untuk membaca baris pertama dan baris selanjutnya. Untuk menarik perhatian, maka Anda dapat membuat headline iklan dengan menerapkan formula 4 U yaitu Useful, Unique, Ultra-spesific, dan Urgent.
Baca Juga: 6 Tips Membuat Judul Konten yang Menarik dan Engaging
Layanan Logique Digital Indonesia
Logique Digital Indonesia menawarkan jasa digital marketing untuk membantu memasarkan produk Anda secara digital. Kami juga memiliki jasa optimasi SEO, agar website yang Anda kelola mendapatkan performa yang lebih baik dari kompetitor Anda. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan info lebih lanjut.