Ketahui 4 Plugin WordPress Terbaik Ini

Plugin PDF WordPress dikenal seiring populernya ekstensi PDF. Saat ini WordPress memang tidak mendukung penyematan file PDF, jadi Anda harus menggunakan plugin PDF WordPress. WordPress menampilkan file PDF sebagai link unduhan pada suatu postingan. Hal tersebut berarti pengunjung harus meninggalkan halaman situs untuk membaca file tersebut.

Dengan menginstall plugin terkait, Anda dapat mempertahankan pengunjung untuk tetap ada di situs. Hanya saja, dari banyaknya pilihan yang tersedia, Anda pasti kebingungan dalam memilih plugin mana PDF yang harus diinstall. Bagi Anda yang pemula, ada banyak pilihan plugin gratis. Plugin ini dapat Anda temukan di Direktori Plugin WordPress.org.

Artikel ini akan membahas beberapa plugin PDF WordPress terbaik untuk menampilkan file PDF yang dapat Anda coba.

1. PDF Embedder

Plugin ini dikenal sebagai plugin yang menampilkan PDF WordPress dengan simple. PDF Embredder merupakan plugin dengan cara yang paling bersih dalam menampilkan PDF WordPress di website yang Anda miliki. Kelebihan yang dimiliki PDF Embedder telah diinstall oleh lebih dari 100.000 pengguna yang hingga saat ini masih aktif. Anda hanya perlu melakukan klik satu kali untuk meng-upload.

Cara kerja plugin ini sangat mudah dengan metode drag-and-drop. Demi melihat fleksibilitas dalam menampilkan dokumen, plugin PDF Embedder menggunakan JavaScript. Cara menampilkan PDF di WordPress menggunakan plugin tersebut yaitu dengan masuk ke dashboard WordPress, dan pilih plugin. Lalu cari PDF Embedder, kemudian install dan aktifkan.

Meski merupakan plugin terbaik, PDF Embedder ada versi gratisnya. Walaupun gratis, plugin ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang Anda butuhkan misalnya tombol navigasi sederhana untuk membaca file PDF, selain itu juga terdapat tombol upload cepat (quick upload) serta tombol penyematan PDF. Plugin PDF ini ini juga menyediakan versi berbayar (platinum).

Baca Juga: Begini Cara Mencegah Serangan Terhadap Akun WordPress Anda

Fitur yang disediakan dalam versi berbayar yaitu tombol download, fullscreen mode, mobile-friendly, hyperlink yang berfungsi sepenuhnya, riwayat untuk total unduhan dan view dan juga teknologi lompat halaman.

PDF_wordpress
Sumber: WordPress.org

Terdapat kelebihan plugin PDF Embedder, yakni:

  • Pembelian versi berbayar (platinum) hanya dilakukan sekali seumur hidup.
  • Meng-upload file PDF hanya dengan menggunakan satu tombol.
  • Plugin PDF Embedder menggunakan teknologi JavaScript, sehingga pergerakan tampilan PDF lebih halus.
  • File PDF terpasang sesuai dengan dimensi layar tetapi dimensi layar dapat disesuaikan secara manual.

Terdapat kekurangan dari plugin PDF Embedder, yakni:

  • Harga untuk Versi premium dijual dengan sangat mahal.
  • Versi gratis tidak aman, karena orang lain bisa sewaktu-waktu mengunduh file PDF Anda.
  • Tombol navigasinya sangat kecil sehingga sulit untuk dijangkau.

2. Google Doc Embedder

Plugin ini telah diinstall lebih dari 80.000 pengguna. Google Doc Embedder mampu mendukung berbagai format file termasuk PDF. Google Doc Embedder kompatibel dengan ordpree versi 3.5 dan diatasnya. Setelah Anda menginstall plugin ini, Anda bisa langsung menyematkan file PDF WordPress. Setelah Anda selesai mengunggah file kemudian Anda bisa mengaturnya agar dapat diakses publik.

Google Doc Embedder juga dapat menerjemahkan dokumen untuk menarik perhatian banyak orang. Plugin Doc Embedder memungkinkan Anda untuk melihat beberapa tipe file yang populer meskipun tanpa menggunakan flash ataupun plugin browser. Plugin ini juga dapat digunakan untuk mendownload dokumen.

Terdapat keunggulan plugin Doc Embedder, yakni:

  • Mendukung semua format dari dokumen.
  • Membuat website seperti versi yang Anda inginkan dengan menggunakan shortcode.
  • Anda dapat menambahkan file PDF atau file lainnya saat menulis artikel. Hal ini dapat dilakukan karena terdapat tombol pintasan pada WordPress editor.

Terdapat kekurangan plugin Google Doc Embedder, yakni:

  • Anda tidak dapat memiliki kontrol penuh terhadap dokumen karena dokumen Anda di hosting oleh Google.
  • Tidak aman.
  • Tidak dapat meng-upload dengan menggunakan komputer lokal.
  • Saat akan meng-upload dokumen Anda harus mengcopy dokumen dan paste pada URLnya.

Baca Juga: Tips dari Penyedia Jasa SEO Jakarta dalam Meningkatkan Traffic Web WordPress

3. WP Booklet

Plugin WP Booklet menawarkan desain majalah. Dengan menggunakan animasi dan halaman pop-up. Halaman yang dihasilkan sama seperti penampilan majalah aslinya, sehingga Anda merasakan seperti membaca majalah aslinya. Ploguin WP Booklet mendukung gambar dan PDF. Anda juga dapat meng-upload gambar dan PDF dalam jumlah yang sangat banyak.

Terdapat keunggulan WP Booklet, yakni:

  • Mensupport file PDF dan gambar atau foto.
  • Cocok untuk pemula.
  • Gratis.
  • Menyediakan thumbnails bantuan untuk membantu navigasi pengguna.

Terdapat kekurangan WP Booklet, yakni:

  • Tombol meng-upload PDF tidak muncul untuk beberapa pengguna.
  • Dibandingkan dengan plugin lainnya, plugin ini bukan plugin yang terbaik.
  • Membutuhkan akses file root pada hosting.

4. Flowpaper

Plugin PDF WordPress ini menawarkan tampilan yang sangat menarik dan cantik tanpa harus mengeluarkan uang terlalu dalam. Tetapi hal yang disayangkan, kontrol backendnya jauh dari kata user friendly. Bahkan tombol pengaturannya sangat susah digunakan. Jika Anda masih pemula, tidak disarankan menggunakan plugin ini. Jika Anda memiliki skill yang baik dan ingin menampilkan halaman dengan menarik dan cantik Anda disarankan menggunakan plugin ini.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts