Dark Web VS Deep Web. Apakah Ada Perbedaannya ?

Dark web dan deep web merupakan dua hal yang berbeda. Meskipun keduanya sama-sama berkaitan dengan aspek tersembunyi di dalam internet, namun kedua istilah tersebut tidak bisa dianggap sama.

Beberapa diantara kita mungkin masih sangat asing dengan istilah ini. Namun perlu Anda ketahui, keberadaan deep web dan dark web memang ada meskipun tidak bisa dilihat oleh semua pengguna internet.

Ketika Anda membuka email, social media, situs e-commerce atau situs web yang lain, maka di saat itulah Anda sedang menggunakan bagian internet yang disebut dengan “surface web” atau “visible web”. Visible web ini berisi situs website yang dapat diindex oleh mesin pencari. Lalu sebenarnya apa itu dark web dan deep web? Berikut informasinya untuk Anda.

Baca Juga: 5 Pentest Tools yang Diandalkan Para Ethical Hacker

dark web
Sumber : pixabay.com

Deep Web

Deep web merupakan bagian dari World Wide Web yang isinya tidak dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google atau Yahoo. Secara sederhana, website ini berisi semua data yang ada di balik firewall seperti website yang terlindungi oleh password, user database, arsip website, akun pribadi seseorang (social media, email, perbankan) dan lain-lain.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin mengakses akun social media, maka Anda memerlukan user id dan password yang sudah ditentukan sebelumnya. Anda tentu tidak ingin jika akun social media Anda diakses oleh pengguna internet yang lain. Oleh karenanya, halaman-halaman tersebut dibatasi untuk diindeks web crawler dan disembunyikan dari dunia internet.

Dark Web

Secara teknis, dark web adalah bagian dari deep web yang disembunyikan dan tidak dapat diakses dengan browser konvensional seperti Chrome, Firefox, atau Safari. Hal ini terjadi karena ketika ingin mengakses web ini, pengguna harus benar-benar anonim.

Di dalam dark web terdapat berbagai jenis situs namun cakupannya jauh lebih sempit daripada deep web. Website ini juga lebih dikenal sebagai situs yang berisi kegiatan ilegal. Sebagai pengguna internet, Anda sebaiknya menghindari situs web ini karena Anda bisa saja mendapatkan masalah ketika mencoba mengaksesnya. Di dalamnya juga terdapat banyak file atau link berbahaya yang dapat menginfeksi perangkat yang Anda gunakan.

Baca Juga: Bagaimana Perlindungan Data Pribadi di Indonesia ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa penetration testing untuk mengamankan sistem Anda dari berbagai jenis serangan hacker. Kami memiliki tim IT security berpengalaman dan bersertifikat untuk membantu Anda. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Pentest Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts