Ketahui 5 Penyebab Website Down, Apa Saja?

Menjadi seorang developer, administrator website, atau Sysadmin merupakan pekerjaan yang tidak mudah, karena seseorang yang bekerja di balik website harus memastikan situsnya berjalan dengan lancar, supaya transaksi atau traffic yang berjalan tidak terganggu. Tetapi, apakah kalian tau apa penyebab website down?

Artikel ini akan membahas mengenai beberapa penyebab website down. Jika Anda tau apa yang menyebabkan website Anda down, tentunya Anda akan lebih memahami bagaimana melakukan antisipasi hingga cara menanganinya.

Penyebab website down

1. Heavy traffic

Traffic website yang terlalu berat alias heavy traffic merupakan penyebab pertama terjadinya website down. Pernahkah Anda mengalami website lebih sulit diakses dari biasanya? Hal tersebut terjadi karena traffic yang hamper melebihi kapasitas server hingga sulit ditangani. Hal ini sebenarnya tergantung pada kondisi server/hosting atau resource server/hosting Anda.

2. Resource limit

Penyebab kedua yaitu resource limit yang agak mirip dengan heavy traffic. Tetapi perbedaannya terdapat pada sisi resource. Jika memiliki resource kecil namun traffic tinggi dan terdapat banyak proses query serta penggunaan plugin di website Anda terlalu banyak, maka kemungkinan bisa down, hal ini dapat dicek pada cPanel kemudian ke menu Resource Usage.

Baca Juga: Tips Untuk Memilih Nama Domain Website Anda

3. DDoS Attack

Distributed Denial of Services atau DDoS Attack merupakan permintaan palsu atau false request yang terjadi secara bertubi-tubi ke server hingga kesulitan memproses permintaan karena terlalu banyak dan valid request atau permintaan asli dari pengunjung website akhirnya terhalang oleh serangan tersebut.

website down
Sumber: pixabay.com

Serangan ini dapat diibaratkan seseorang menyuruh ratusan hingga ribuan orang lain untuk masuk ke satu pintu yang sama pada waktu bersamaan. Tentunya akan terjadi antrian yang sangat panjang, atau “overload” dalam istilah website.

Serangan ini sebenarnya paling sulit untuk ditangani, karena hacker yang melakukan DDoS Attack menggunakan alamt IP yang berbeda-beda. Tetapi, saat ini sudah terdapat banyak tools yang menawarkan perlindungan dari DDoS Attack, seperti CloudFlare yang dapat menlindungi IP Address asli Anda dengan menutupi degan IP Address yang dimiliki CloudFlare.

4. Data Center Down

Penyebab lainnya yang dapat terjadi akibat masalah koneksi atau mati listrik (power cut). Power cut dapat terjadi, tetapi biasanya data center memiliki cadangan listrik seperti UPS yang dapat bertahan selama 15-20 menit. Maka dari itu, petugas teknis data center harus bergerak lebih cepat atau website Anda akan segera down total. Kemungkinan lainnya yaitu masalah koneksi yang terjadi, Anda dapat coba melakukan tes MTR ke website Anda.

5. Service Server Down

Kendala website down selanjutnya disebabkan karena salah satu service di server bermasalah sehingga tidak berhasil melakukan koneksi. Contoh service yang dimaksud yaitu pada beberapa protocol berikut: WHM (2087), MySQL (3306), SSL (443), HTTP (80).

Baca Juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Web dengan Mudah ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts