Memahami Pengertian Python dan Mengetahui Kegunaannya

Jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman Python ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu pengertian Python. Bahasa ini memang bahasa yang serba guna. Tidak heran jika banyak developer yang mempelajari bahasa ini untuk pengembangan web dan analisis data.

Python sebenarnya sudah ada sejak akhir tahun 1980-an, namun sampai sekarang bahsa ini masih memiliki banyak peminat dan menjadi salah satu bahasa pemrograman populer. Agar Anda dapat memahaminya dengan baik, berikut penjelasan dan pengertian Python untuk Anda.

Pengertian Python

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi pada objek, dengan semantik yang dinamis. Di dalamnya terdapat struktur data tingkat tinggi, dynamic typing, dynamic binding, dan berbagai fitur lainnya yang dapat membuat bahasa ini berguna untuk pengembangan aplikasi yang kompleks. Python juga memiliki banyak library dan interpreter yang tersedia secara gratis.

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sederhana serta mudah dipelajari karena memiliki syntax yang mudah untuk dibaca. Syntax pada kode Python menggunakan kata kunci Bahasa Inggris, sehingga mudah dipahami developer bahkan oleh para pemula. Selain itu, Python support untuk penggunaan modul dan paket sehingga program dapat dirancang dengan gaya modular dan kode dapat digunakan kembali untuk berbagai proyek yang lain. Bahasa ini juga memiliki banyak library gratis yang bisa digunakan secara bebas.

pengertian python
pengertian python

Baca Juga: 4 Python Framework Populer yang Sering Digunakan Developer

Kegunaan Python

Mengingat sifatnya yang mudah diakses dan serbaguna, Python menjadi salah satu bahasa populer di dunia. Bahasa ini sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Wikipedia, Yahoo, NASA, dan lain-lain. Bahasa ini sering digunakan sebagai “scripting language” untuk web app dan mengotomatisasi serangkaian tugas dengan lebih efisien.

Setelah Anda mengetahui pengertian Python, berikut beberapa kegunaan dari bahasa pemrograman ini :

  1. Pengembangan aplikasi web dan aplikasi seluler sisi server.
  2. Pengembangan desktop app dan software.
  3. Dapat digunakan untuk analisis data dari database big data.
  4. Melakukan perhitungan matematis.
  5. Menulis system scripts yaitu membuat instruksi yang memberitahu sistem komputer untuk “melakukan” sesuatu.
  6. Python dapat dimanfaatkan untuk membangun interface sebuah aplikasi Graphical User Interface (GUI).

Baca Juga: 4 Jenis Bahasa Pemrograman yang Harus Anda Pelajari di 2020

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan konsultan IT berpengalaman di Indonesia. Saat ini kami membuka lowongan untuk beberapa posisi seperti web developer, front end devloper, mobile app developer, dan lain-lain. Kunjungi halaman karir Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts