Apa itu Javascript ? Apa Saja Kegunaannya bagi Developer?

Jika Anda adalah seorang web developer, pasti sudah tidak asing lagi dengan apa itu Javascript. Javascript sudah ada sejak tahun 1994 dan menjadi salah satu bahasa pemrograman populer yang banyak digunakan oleh para developer untuk mengembangkan website. Jika Anda menguasai bahasa pemorgraman ini, maka Anda dapat mengembangkan website dengan fungsionalitas yang baik. Jadi sebenarnya apa itu Javascript? Berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.

Apa itu Javascript ?

Javascript adalah bahasa pemrograman berbasis teks yang digunakan pada sisi klien dan sisi server yang memungkinkan penggunanya untuk menghasilkan halaman web interaktif. Developer menggunakan Javascript ketika akan mengimplementasikan fitur komplek pada halaman website.

Javascript juga dianggap sebagai salah satu bahasa pemrograman utama selain HTML dan CSS.

  • HTML : bahasa markup untuk membangun struktur halaman website seperti mendefinisikan paragraf, judul, tabel data, atau menyematkan gambar dan video.
  • CSS : bahaya yang digunakan untuk menentukan layout dan style website seperti mengatur warna latar belakang dan font.
  • Javascript : bahasa scripting digunakan untuk memberikan elemen interakfif yang melibatkan pengguna.

Baca Juga: 4 Jenis Bahasa Pemrograman yang Harus Anda Pelajari di 2020

apa itu javascript
Sumber: pixabay.com

Apa kegunaan Javascript ?

Setelah Anda memahami apa itu Javascript, sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja kegunaan dari bahasa pemrograman ini. Berikut beberapa kegunaan dasar dari Javascript.

1. Menambahkan elemen interaktif

Javascript memungkinkan developer mengembangkan website yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Beberapa elemen tersebut seperti:

  •  Warna tombol yang dapat berubah ketika mouse cursor berada di atasnya.
  • Menampilkan animasi.
  •  Memperbesar atau mengecilkan gambar.
  •  Menampilkan timer di halaman web, dan masih banyak lagi.

2. Membuat aplikasi web dan seluler

Developer dapat menggunakan beragam framework Javascript untuk mengembangkan website dan mobile app dengan mudah. Framework Javascript adalah library code Javascript yang digunakan untuk membuat suatu fitur atau mengerjakan task rutin. Saat ini terdapat beragam framework front-end JavaScript yang populer seperti React, React Native, Angular, dan Vue.

3. Membangun web servers dan mengembangkan server applications

Selain digunakan untuk mengembangkan web dan aplikasi, developer juga dapat menggunakan Javascript untuk membangun server web sederhana dan mengembangkan infrastruktur back-end menggunakan Node.js.

4. Pengembangan game

Javascript juga dapat digunakan untuk membuat game menggunakan berbagai platform dan tools. Dengan menambahkan HTML5 canvas, level kompleksitas dari game berbasis browser juga dapat meningkat.

Baca Juga: 3 Bahasa Pemrograman untuk Pengembangan Android Application

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan beragam layanan untuk Anda. Kami dapat menangani pengembangan website, pembuatan aplikasi, digital marketing, penetration testing, dan lain-lain. Untuk mengetahui informasi mengenai layanan LOGIQUE silakan hubungi kami atau klik layanan Logique.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts