Cara Membuat Meta Description yang Dapat Meningkatkan Traffic

Meta description merupakan informasi singkat yang ditampilkan pada link hasil pencarian. Meta description sendiri merupakan salah satu ‘senjata’ yang ampuh untuk meningkatkan traffic pada kunjungan suatu website. Tidak sedikit yang belum mengetahui bagaimana cara membuat meta description yang efektif. Lantas bagaimana cara membuatnya? Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat meta description yang efektif.

  • Menggunakan Bahasa yang Menarik

Tujuan dibuatnya yaitu untuk mendorong pengguna atau pembaca mengunjungi website Anda yang munucul pada halaman pencarian. Anda harus pintar menggunakan bahasa atau kalimat yang menarik perhatian. Sebaiknya diawali dengan menggunakan kata kerja yang membuat seseorang menjadi penasaran.

Salah satu contohnya yaitu seperti “Pelajari Lebih Lengkapnya” dan lainnya. Meski terlihat sederhana, kata-kata tersebut mampu membuat seseorang tertarik dan mencari tahu apa sebenarnya yang ditawarkan. Setelah itu, Anda dapat melengkapi halaman website Anda dengan spesifikasi produk atau gambaran perusahaan semisalnya.

  • Tidak Melebihi dari 155 Karakter

Meta description harus ditulis secara efektif dan jelas. Hal ini bertujuan agar kalimat dapat terbaca dan tidak terpotong dalam hasil pencarian. Maka dari itu, dianjurkan untuk membuatnya dengan kisaran 155-160 karakter. Anda dapat menggunakan tools tertentu untuk mengecek dan menghitung panjang serta jumlah karakternya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Keyword Terbaik Untuk Konten Website

meta_description
Sumber: pixabay.com
  • Gunakan Simbol dan Angka

Cara selanjutnya untuk membuat meta description untuk terlihat semakin menarik yaitu dengan menggunakan angka dan simbol. Kedua hal tersebut dinilai mampu untuk mempengaruhi secara psikologis dalam meningkatkan minat seseorang. Anda juga dapat mengombinasikan hal tersebut dengan memainkan pola huruf, yakni gabungan antara huruf kapital dengan huruf kecil.

  • Hindari Spam Keywords

Agar meta description yang Anda buat dapat meningkatkan traffic, gunakan keywords yang memiliki volume pencarian terbanyak pada mesin pencari. Anda dapat menggunakan tools seperti Google Trends. Dengan tools tersebut, Anda dapat menentukan keywords mana yang cocok serta tepat untuk digunakan pada meta description.

Hindari menggunakan spam keywords. Hal ini perlu diperhatikan agar pengunjung mengklik tombol ‘back’ karena konten tidak sesuai dengan apa yang diharapkan saat membaca meta description.

  • Bermanfaat Untuk Pembaca

Buatlah meta description yang dapat memberikan solusi bagi pembaca atau pengunjung. Tujuan seorang pembaca mengunjungi halaman website yaitu untuk mencari informasi dari konten yang sudah dibuat. Anda dapat menuliskan alasan mengapa pengunjung perlu membaca link tersebut.

Jika isi konten sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembaca atau pengunjung, mereka akan merasa puas. Tetapi, jika hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang dinginkan pembaca atau pengunjung, mereka akan malas membaca sampai habis atau bahkan meninggalkan halaman website. Tentunya hal ini akan membuat traffic tidak meningkat dan cenderung menurun.

Baca Juga: Beberapa Cara Untuk Mempercepat Website dengan Mudah

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts