4 Tools Gratis yang Dapat Digunakan untuk Riset Kata Kunci

Riset kata kunci menjadi salah satu langkah yang harus Anda lakukan ketika membuat sebuah konten. Langkah ini dapat membantu Anda menemukan kata kunci dengan perfoma terbaik sehingga website bisa memiliki peringkat yang tinggi di halaman mesin pencari.

Untuk melakukan riset kata kunci, Anda dapat menggunakan berbagai tools. Namun perlu Anda ketahui memang tidak semua tools bisa digunakan secara gratis. Oleh karenanya, dalam artikel berikut kami akan menginformasikan tools gratis yang bisa digunakan untuk riset kata kunci. Berikut informasinya untuk Anda.

Tools Gratis untuk Riset Kata Kunci

  1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan tool yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna ketika menentukan pilihan kata kunci untuk iklannya. Anda bisa memanfaatkan tool ini untuk melakukan riset kata kunci. Di dalamnya terdapat beberapa informasi yang diperoleh, seperti rekomendasi kata kunci lain yang paling relevan, rata-rata pencarian kata kunci perbulan, serta info mengenai level persaingan dari kata kunci yang ingin Anda gunakan.

Baca Juga: 9 Cara Optimasi SEO untuk Meningkatkan Website Ranking di Google

2.Google Trends

riset kata kunci
Sumber: Google Trends

Satu lagi tool dari Google yang bisa digunakan untuk riset kata kunci. Alat ini berfungsi untuk menganalisa popularitas dari suatu kata kunci dalam kurun waktu tertentu di suatu wilayah. Dengan data tersebut, Anda dapat mengetahui apa yang sedang menjadi minat user sehingga konten yang dikembangkan dapat Anda sesuaikan dengan topik yang sedang populer atau banyak dicari orang.

  1. Ubersuggest

Ubersuggest adalah aplikasi gratis untuk menemukan lebih dari 100 long tail keywords dalam waktu yang cepat. Aplikasi ini memberikan informasi yang cukup lengkap untuk penggunanya. Di sini Anda dapat melihat insight lengkap yang berhubungan dengan traffic website Anda serta kata kunci organik. Ubersuggest juga menyediakan data untuk memahami backlink mana yang membawa dampak besar untuk peringkat website Anda.

  1. Soovle

    riset kata kunci
    Sumber: soovle.com

Soovle akan menyediakan daftar saran kata kunci yang berasal dari Google, Bing, Amazon, Youtube, dan lain-lain. Alat ini memiliki fitur sederhana untuk riset kata kunci. Di dalamnya, Anda dapat bereksperimen dengan beragam kata kunci, dan melihat saran kata kunci lain yang relevan dari berbagai sumber.

Baca Juga: Alasan Mengapa Riset Keyword Penting untuk SEO dan Digital Marketing

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa  digital marketing dan optimasi SEO untuk Anda. Kami juga menyediakan beragam layanan lain mulai dari jasa pengembangan website, pengembangan aplikasi, dan lain-lain. Silakan klik Layanan Logique atau hubungi kami untuk mendapatkan detail informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts