Beberapa Cara Untuk Mempercepat Website dengan Mudah

Kecepatan suatu website adalah hal yang penting untuk menarik calon pelanggan. Terlebih lagi jika website tersebut aman dan selalu dapat diandalkan. Tetapi, bagaimana caranya? Artikel ini akan membahas bagaimana cara mempercepat website dengan mudah.

Pada era percepatan saat ini, semua orang ingin sesuatu hal yang menarik tetapi bisa didapat secara cepat dan instan. Jika tidak mampu memenuhi setidaknya dua syarat tersebut, bisnis yang Anda jalankan mungkin tidak selancar seperti yang diharapkan. Mengingat website merupakan salah satu elemen penting untuk menjangkau para pelaggan hingga meningkatkan penjualan, jelas bahwa Anda sangat membutuhkan website yang cepat dan aman agar ketika pengunjung Anda melakukan suatu pembelian, mereka akan merasa aman dan terbantu tanpa mengalami masalah yang berarti.

Fakta Kecepatan Website

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa fakta ini yang dilansir dari NeilPatel.com dan berbagai sumber lainnya agar dapat memahami kenapa Anda harus mempelajari cara mempercepat website.

  1. 73% pengguna internet kurang lebih bermasalah dengan website yang lama.
  2. Tidak sedikit pemilik website meremehkan loading page time di atas 3 detik. Angka ini menjadi 40% mengapa pengunjung memutuskan untuk meninggalkan website yang di tuju.
  3. Website yang lelet dapat mengurangi conversion rate hingga 7% setiap 1 detiknya.
  4. Rata-rata waktu yang digunakan untuk membuka suatu halaman website yaitu sekitar 3.21 detik.
  5. Loading suatu halaman web yang cepat akan dirasa penting oleh 52% pembeli online untuk mempertahankan loyalitas.
  6. Waktu normal yang rela untuk dihabiskan setidaknya 47% pengunjung website untuk menunggu loading halaman website yaitu sekitar 2 detik.
  7. Sekitar 90% pengguna ponsel meninggalkan website ketika menunggu loading halaman hingga 5 detik.

Entah sebagai pengembang website, personal blogger, atau pemilik bisnis lainnya yang turut mengelola website, Anda perlu memastikan kenyamanan pengunjung dengan menyiapkan website yang aman serta dapat diakses dengan cepat.

Baca Juga: Apa itu Domain XYZ? Perlukah Untuk Menggunakannya?

cara_mempercepat_website
Sumber: pixabay.com

Cara mempercepat website

  • Pilihan Hosting

Kecepatan hosting tentu saja dapat mengaruhi peningkatan peringkat SEO hingga nilai penjualan bisnis online. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan standar kecepatan pada semua server cloud hosting yang Anda pakai.

  • Cek Kecepatan

Cek kecepatan website Anda terlebih dahulu menggunakan Google Page Speed Insights atau GTmetrix. Jangan senang terlebih dahulu ketika melihat hasil angka yang tinggi, kanena nilai 100/100 memang tidak terlalu terlihat realistis.

  • Tema Website

Anda juga perlu memilih tema yang tepat agar dapat menghindari durasi loading page yang lambat. Gunakan tema website yang responsif dan ringan tapi tetap terlihat rapi. Sesuaikan tema dengan tujuan website Anda dan ingatlah less is more.

  • Optimasi Gambar

Setiap artikel yang Anda unggah pastinya memerlukan gambar agar dapat semakin mudah teroptimasi oleh SEO. Usai menggunakan tema yang tepat, tidak lupa lakukan optimasi juga terhadap gambar yang Anda unggah.

  • Gunakan Widget Seperlunya

Sama seperti tema website, slogan less is more dapat Anda gunakan dalam penggunaan widget di website. Anda tak perlu meletakkan semua widget hingga website Anda terlihat penuh, hal tersebut nantinya akan menyebabkan kerugian kepada kedua belah pihak, baik website maupun pengunjung, karena mereka akan kesulitan mengakses konten pada website. Selain itu, Anda tak perlu melakukan embed ke sosial media milik Anda, cukup lampirkan logo yang disertai link ke sosial media Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Browser Terbaik yang Nyaman Digunakan Untuk Browsing

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts