Apa itu Domain XYZ? Perlukah Untuk Menggunakannya?

Pernah mendengar nama domain XYZ? Kemungkinan beberapa dari Anda masih asing atau bahkan belum pernah mengetahui keberadaan domain ini. Pada November 2015 lalu, Thedomains.com telah mencatat bahwa ada 1,5 juta website yang menggunakan akhiran .xyz pada domain mereka.

Domain ini dikembangkan oleh Daniel Negari sejak tahun 2014. Menurut Negari, kebutuhan nama domain alternatif sudah ada sejak orang-orang mulai kesulitan memilih nama untuk ekstensi domain .com sehingga ekstensi domain XYZ akan banyak digunakan serta akan mudah untuk diingat. Domain ini terus mengalami peningkatan pengguna hingga berhasil mencapai urutan ke-4 domain yang sering didaftarkan pada Juni 2016.

Mengapa Domain XYZ?

Apa alasan yang dapat Anda yakini sehingga perlu menggunakan domain ini? Domain XYZ didesain untuk dapat digunakan oleh berbagai kalangan, terutama mereka yang masuk ke dalam generasi X, Y, dan Z. Maka dari itu, domain ini juga menyediakan berbagai ekstensi domain lebih detail lainnya yang mengarahkan pengguna dalam generasi X hingga Z, seperti .car, .baby, dan lainnya untuk memilih ekstensi domain mereka. Tetapi jika Anda ingin mencakup audiens yang lebih luas, sebaiknya Anda menggunakan domain utama dengan akhiran .xyz.

Baca Juga: Rekomendasi Browser Terbaik yang Nyaman Digunakan Untuk Browsing

Kelebihan Domain XYZ

Sebelum memilih menggunakan domain XYZ sebagai ekstensi domain Anda, Anda dapat mengecek beberapa faktor berikut untuk menjadi bahan pertimbangan:

  • Mudah Diingat

Domain XYZ dapat berarti tiga julukan generasi usia, yakni generasi X yang lahir pada sekitar tahun 1961-1980, generasi Y sekitar tahun 1981-1995, dan generasi Z yang lahir sekitar 1996-2010.

  • Sudah Terindeks oleh Google

Pata tahun 2018, ekstensi domain ini masih belum terindeksi Google. Akibatnya, saat website ini diakses, pengunjung akan diarahkan ke halaman Google Search terlebih dahulu. Tapi, sekarang website dengan domain ini dapat segera diakses tanpa melewati halaman Google Search.

Domain_XYZ
Sumber: pixabay.com
  • Kesempatan Mendapatkan Domain Premium

Mengingat umur domain XYZ yang belum terlalu lama, tidak heran jika Anda mudah menemukan nama domain yang belum dipakai oleh orang lain. Jadi, Anda dapat mendapatkan domain premium, yaitu memilih sendiri nama domain yang sesuai dengan keinginanmu. Tetapi, Jika berniat untuk menggunakan domain premium, pastikan Anda bergerak cepat agar nama domain yang Anda incar tidak diambil oleh orang lain.

  • Dapat Digunakan Untuk Berbagai Keperluan

Beberapa ekstensi domain mempunyai fungsinya masing-masing, contohnya .com yang digunakan untuk korporat atau komunitas, .org untuk organisasi, sampai .ac.id untuk intansi Pendidikan di Indonesia. Tetapi, jika Anda melihat daftar website yang menggunakan domain XYZ di sini, Anda akan melihat berbagai jenis website berekstensi domain XYZ yang digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari agensi, bisnis startup dan lainnya.

Baca Juga: 3 Tips Optimasi Website dengan Meningkatkan Page Experience

Kekurangan Domain XYZ  

Tidak hanya kelebihan saja yang dimiliki oleh domain ini, ada pula beberapa kekurangan yang dimilikinya seperti di bawah ini:

  • Karena penggunannya lebih sedikit dari domain .com, nama ini masih sangat asing di telinga orang awam.
  • Murah pada tahun pertama, selanjutnya akan dikenakan harga normal yang tidak jauh berbeda dengan domain lain.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts