Tipe Konten Sosial Media yang Dapat Meningkatkan Engagement Rate

Sosial media engagement merupakah hal yang sangat penting bagi semua brand. Sebagian besar brand mengerti betapa pentingnya peran sosial media untuk tetap berhubungan dengan pelanggan. Tetapi, banyak yang selalu meremehkan nilai dari engagement tersebut. jika Anda sering meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan pelanggan dan pengikut yang potensial saat ini, Anda pastinya akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan engagement (keterlibatan) sosial media Anda.

Apa yang harus Anda lakukan untuk menaingkatkan engagement rate tersebut? Terdapat beberapa tipe konten sosial media yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan hal tersebut. Simak informasi di bawah ini.

Postingan Blog

Tipe konten ini merupakan konten populer yang berguna untuk meningkatkan keterlibatan pada sosial media. Menurut sebuah studi, 38% pemasar mengatakan blogging merupakan bentuk konten yang cukup penting untuk bisnis mereka. Berbagai postingan blog yang berkualitas dari situs web perusahaan atau blog yang Anda miliki dengan informasi berguna dan bermanfaat yang dapat menjawab pertanyaan audiens merupakan kunci keberhasilan strategi blog engagement.

Pastikan postingan blog tersebut dioptimalkan dengan konten yang memiliki nilai, headline yang menarik, format yang membuat artikel tersebut dipublish menyenangkan atau dibaca, dioptimalkan untuk mesin pencari, dan juga termasuk CTA (Click-Through-Rate) yang jelas dan dapat ditindaklanjuti.

Baca Juga: Strategi Membuat Caption Instagram yang Baik Untuk Menaikan Engagement

Media Visual

Orang-orang yang terlibat dengan konten visual lebih baik daripada konten non-visual. Tweet yang menggunakan gambar akan menerima retweet 150% lebih banyak daripada tweet tanpa gambar. Hal yang sama pun berlaku dengan postingan Facebook dengan gambar yang meningkatkan engagement 2,3 kali lebih besar daripada postingan tanpa gambar. Hal ini terbukti bahwa konten sosial media yang berisikan gambar akan menerima lebih banyak likes, share dan juga komentar.

Pastikan gambar yang Anda pilih relevan dengan postingan dan selalu menggunakan gambar yang berkualitas tinggi, baik disaat menggunakan gambar stok ataupun gambar yang Anda buat sendiri. Anda dapat menggunakan mim lucu, infografis yang informatif, ilustrasi unik, atau sekedar foto untuk meningkatkan engagement.

konte_sosial_media
Sumber: unsplash.com

Kontes

Tipe konten seperti ini adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan pada sosial media. Kontes dapat berupa hadiah gratis, penawaran khusus yang ditawarkan kepada pengikut yang memberikan likes ataupun share untuk memenangkan hadiah. Kontes merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyebarkan awareness dan memperluas jangkauan brand Anda.

Konten Pelanggan

Konten pelanggan dapat dibuat dalam berbagai bentuk, mulai dari ulasan hingga testimonial pelanggan dan konten user generated (konten yang dibuat oleh pengguna). Kebanyakan orang akan melihat ulasan terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk. Maka dari itu, tepat bagi Anda untuk menampilkan kisah sukses dari salah satu pelanggan dan pengalaman positif yang pelanggan rasakan mengenai bisnis Anda. Tipe konten ini dapat menambahkan kredibilitas brand Anda di sosial media.

Baca Juga: 3 Cara Menggunakan Fitur Instagram Suggested Untuk Bisnis Anda

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts