Apa itu Viral Marketing? Apa Saja Manfaatnya?

Viral marketing saat Ini banyak dilirik oleh para pebisnis online. Hal ini dikarenakan tingginya pengaruh strategi pemasaran tersebut, dari peningkatan brand awareness hingga konversi penjualan. Jika melihat perkembangan teknologi, maka dunia marketing menjadi dunia yang merasakan sekali manfaat dari pertumbuhan teknologi. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan viral marketing. Artikel ini akan membahas pengertian, strategi dan manfaat viral marketing.

Apa Itu Viral Marketing?

Saat ini, banyak sekali yang menggunakan media sosial sebagai medium marketing yang paling ampuh untuk digunakan. Alasan utamannya yaitu banyaknya masyarakat yang menggunakan sosial media dari berbagai lapisan dan kekuatan ekonomi sehingga strategi marketing yang dilakukan dapat lebih cepat tepat sasaran dan lingkupnya pun lebih luas.

Dari kata ‘viral’ itu sendiri, Anda sebenarnya sudah mengerti mengapa viral marketing sangat cocok untuk sosial media. Hal-hal yang viral tersebut selalu muncul setiap harinya karena ketika terdapat suatu informasi yang menarik, maka akan semakin banyak juga orang yang merespon dan menyebarkan. Hal tersebut juga dilakukan viral marketing. Maka dari itu, kreativitas dan ide segar yang menarik sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan kontennya.

Baca Juga: Tips & Trik SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2020

Strategi Menciptakannya Viral Marketing

Pesan pemasaran yang dilakukan dalam strategi ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang nantinya akan menimbulkan reaksi dari orang lain dengan secara sukarela atau tidak. Semakin banyak yang melihat pesan tersebut maka akan semakin banyak yang melihatnya dan akan terus disebarkan tanpa henti. Dengan begitu, pesan pemasaran tersebut menjadi viral dan diketahui banyak orang.

Menyebarkan pesan viral dapat dilakukan secara suka rela oleh orang lain, tetapi dapat dilakukan dengan membayar para influencer di sosial media. Semakin besar perusahaan akan semakin besar budget yang dipakai untuk menyebarkan hal tersebut sehingga semakin banyak yang bereaksi kepada pesan pemasaran itu.

viral_marketing
Sumber: unsplash.com

Manfaat Viral Marketing

Manfaat apa saja yang dapat dirasakan oleh perusahaan jika menggunakan viral marketing?

  1. Ketika perusahaan dapat menciptakan pesan pemasaran yang viral, mereka akan mendapatkan awareness yang lebih besar dan dapat mendapatkan keuntungan yang semakin tinggi.
  2. Jika Anda menjual suatu barang karena barang tersebut sedang viral, hal tersebut juga merupakan langkah yang tepat karena semakin banyak orang yang akan memperhatikan barang yang Anda jual. Keuntungan juga didapatkan lebih cepat.
  3. Strategi pemasaran tidak dapat dilakukan tanpa adanya kreativitas. Cobalah untuk berkreasi sebaik mungkin agar semakin banyak orang yang sadar tentang pesan pemasaran yang sedang dijalankan. Semakin kreatif akan menjadi lebih cepat terkenal.

Baca Juga: Langkah-langkah Membuat Countdown Timer Email

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts