Tips & Trik SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2020

Aspek visual seperti gambar memang sangat krusial demi peningkatan pengunjung website Anda. Jika ingin membuat pembaca blog Anda bertahan lebih lama di website atau halaman artkel, Anda perlu memahami beberapa tips SEO berikut ini.

Sebelum itu, apakah Anda tahu mengapa Anda membutuhkan durasi yang lama bagi para pengunjung ketika berada di website Anda? Para ahli SEO menyatakan, lamanya pengunjung website mengakses suatu halaman akan menjadi faktor penentu bagi mesin telusur semacam Google untuk menaikkan peringkat website Anda di halaman hasil pencari (SERP). Jika peringkat Anda berhasil meningkat di mesin pencari Google, Anda dapat mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Maka dari itu, pembuat konten merasa prioritas utama mereka memang lebih kepada penciptaan konten yang menarik secara visual. Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut merupakan tips SEO mengenai strategi konten visual.

Tips & Trik SEO: Strategi Konten Visual

1. Buat Gambar Konten Sendiri

Buat konten visual Anda sendiri. Sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mendesain gambar ilustrasi. Anda juga dapat memotret dengan kamera Anda sendiri untuk dimasukkan kedalam website Anda.

Terdapat website yang dapat Anda akses sebagai online tool dalam membuat gambar dengan mudah tanpa memerlukan kemampuan teknis seperti desainer grafis, yaitu aplikasi Canva. Dengan menggunakan Canva, Anda hanya perlu mengarahkan kreativitas Anda menggunakan berbagai fitur yang telah tersedia.

Baca Juga: 3 Tips Optimasi Website dengan Meningkatkan Page Experience

2. Gunakan Free-Royalty Photo Stock

Sudah banyak sekali website stok foto yang free-royalty­. Yang dimaksud dari free-royalty­ yaitu Anda dapat menggunakan gambar tanpa harus membayar sejumlah uang atau penulisan creative common (cc) untuk hak gunanya alias cc 0 (cc zero). Salah satu website yang menampung banyak free-royalty images adalah Unsplash.

pengunjung website
Sumber: unsplash.com

3. Buat Infografik

Tips selanjutnya yaitu untuk membuat unggahan artikel informatif berisi data atau fakta singkat. Akan lebih baik jika Anda menambahkan infografik, daripada hanya menyajikan ratusan hingga ribuan kata.

Anda pastinya tidak mau membuat pengunjung website Anda bosan dengan apa yang mereka baca. Maka dari itu, ringkaslah beberapa hal menarik dari pembahasanmu dan buatlah dalam sebuah infografik yang menarik.

4. Tambahkan Screenshot

Jika Anda membuat sebuah konten yang bersifat teknis atau dalam bentuk tutorial, coba lampirkan beberapa tangkapan layar berdasarkan langkah yang Anda jabarkan agar para pembacara lebih mudah memahami langkah-langkah tersebut.

5. Tambahkan GIF Atraktif

Graphic Interchange Format (GIF) merupakan gambar yang dapat bergerak karena GIF terdiri dari beberapa frame gambar yang disatukan. Anda dapat menemukan koleksi GIF dari website GIPHY, cukup lakukan copy-paste ke draft artikel yang sedang dibuat. Tips SEO ini dapat Anda gunakan untuk meringankan pernyataan agar tidak terlihat terlalu serius.

6. Gunakan Mim Menarik

Meme atau mim merupakan ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Mim seringkali dibuat dalam bentuk gambar orang atau ekspresi dan biasanya dibuat dengan tujuan untuk menghibur atau menyinggung perilaku manusia di lingkungan sosial. Mim dapat berupa gambar visual atau video.

7. Masukkan Video

Selain untuk menambahkan durasi pengunjung di halaman website, Anda juga dapat menggunakan langkah ini untuk menaikkan peringkat website Anda di SERP. Anda dapat menambahkan potensi untuk menaikkan nilai Domain Authority (DA) untuk domain website Anda dan pastikan video tetap relevan dengan artikel.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Traffic Melalui Instagram

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts