Strategi Meningkatkan Organic Click-Through-Rate (CTR)

Ketika berbicara tentang click-through-rates (CTR), berarti juga membicarakan berapa jumlah orang yang mengklik link dibandingkan jumlah orang yang memiliki kesempatan untuk mengklik ke situs tersebut.

Click through rates organik merupakan jumlah orang yang mengklik link menuju website Anda dari hasil pencarian organik. Beberapa halaman web Anda mungkin memiliki CTR organik yang tinggi sementara yang lain mungkin masih memiliki kesulitan untuk menarik perhatian. Lebih baik menangkap sedikit impressions, namun memiliki CTR yang lebih tinggi daripada memiliki banyak impressions di halaman hasil mesin pencari tetapi hanya memiliki sedikit click-through.

Sebagian besar orang yang mendengar istilah click-through rates akan langsung memikirkan PPC (Pay Per Click) ads atau penulusuran berbayar. Memang tidak heran karena CTR adalah kunci metrik yang terkait dengan pengoptimalan PPC ads, dan hal tersebut sebagian besar berada di bawah kendali Anda. Banyak pengujian masuk ke dalam membuat iklan yang sesuai dengan pencari, iklan, dan banyak lagi yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan prospek dan penjualan.

CTR tidak hanya dapat diptimalkan dan ditingkatkan secara organik, namun bisa menghasilkan jumlah klik ekstra besar jika dioptimalkan dengan benar. Dengan meningkatkan click-through rate maka Anda juga dapat meningkatkan traffic website sekaligus meningkatkan conversion rates bisnis Anda. Berikut merupakan strategi meningkatkan organic click-through-rate.

Baca Juga: 6 Tips Membuat Judul Konten yang Menarik dan Engaging

Strategi Meningkatkan organic click-through-rate

1. Cek click-through-rate website Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengecek click-through rates website Anda saat ini. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan Google Analytics. Dalam Google Analytics terdapat dua tempat di mana Anda dapat melihat informasi ini.

Yang pertama, pilih Acquisition > Search Console > Queries. Langkah ini dilakukan untuk melihat pertanyaan-pertanyaan atau keyword apa saja yang merujuk ke website Anda. Laporan ini akan memperlihatkan kepada Anda jumlah klik, impressions, CTR, dan posisi rata-rata di halaman hasil pencarian. Deretan tersebut merupakan data-data yang penting untuk dilihat dan disimpan, serta dianalisa secara rutin.

Yang kedua, Anda dapat mengecek landing pages Anda di menu yang sama. Laporan ini akan menampilkan informasi detail tentang jumlah klik, impressions, reach, dan lainnya. Anda juga dapat melihat bounce rates, sessions dan berbagai data penting lainnya di laporan yang sama.

ctr
Sumber: pexels.com

2. Buat Title tag yang unik dan mengandung keyword

Setiap halaman situs Anda harus memiliki tag judul yang unik guna memberitahu orang-orang sekilas tentang isi halaman. Title tag masih menjadi salah satu elemen SEO on-page yang paling penting karena mereka memberi tahu pembaca dan mesin pencari tentang website Anda.

Untuk mengikuti praktik terbaik saat ini untuk menulis tag judul, coba sertakan hal-hal berikut ini:

  • Fiturkan kata kunci dan terget keyword untuk setiap halaman sedekat mungkin dengan bagian awal title tag.
  • Gunakan keyword target yang unik untuk setiap halaman.
  • Pastikan title tag tidak lebih dari 65 karakter.
  • Coba untuk menggunakan kata-kata yang sesuai dengan apa yang banyak dicari orang.
  • Buat title tag yang relevan dengan konten yang akan ditemukan orang di halaman website Anda.
  • Tuliskan tag Anda dengan suara dan gaya yang sama seperti yang Anda gunakan untuk branding Anda.

3. Buat Deskripsi meta tags yang jelas

Selain title tags, hal yang harus diperhatikan lainnya yaitu meta tags. Fungsi dari meta tags yaitu untuk memberitahu pengunjung website apa yang dapat mereka harapkan dari mengklik link tersebut. Menulis description tag yang efektif dapat meningkatkan CTR Anda. Paragraf pendek dapat menjadi pitch bagi calon pengunjung website Anda untuk mengklik link tersebut.

Baca Juga: 3 Tips Optimasi Website dengan Meningkatkan Page Experience

4. Masukkan Image di Post Anda

Image akan sangat membantu menarik perhatian sebuah konten, baik website maupun di sosial media. Pastikan bahwa visual yang Anda masukkan di konten Anda merupakan gambar original dan relevan dengan isi konten Anda.

5. Optimasi URL

Anda pastinya sudah tahu bahwa URL Anda menjadi salah satu elemen penting dalam strategi SEO Anda. Begitu pula dalam meningkatkan CTR. URL berguna untuk menarik perhatian agar orang mengklik link ke halaman website Anda.

Format URL yang dapat membantu meningkatkan CTR yaitu sebagai berikut:

http://www.example.com/category-keyword/subcategory-keyword/primary-keyword.html

Bagi Anda pengguna WordPress, Anda dapat merubah bagian ini pada Settings > Permalink.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts