3 Tips Optimasi Website dengan Meningkatkan Page Experience

Terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk optimasi website, salah satunya adalah meningkatkan page experience situs web Anda. Google pada bulan Mei 2020, telah menginformasikan bahwa pihaknya akan melakukan update pada algoritma page experience. Update ini tidak akan dilakukan pada waktu dekat karena pihak Google menyadari bahwa fokus para pemilik website saat ini sedang tertuju pada pandemi Covid-19. Update algoritma ini kemungkinan akan dijalankan pada satu tahun kedepan atau sekitar tahun 2021.

Apa itu Page Experience ?

Sinyal page experience dapat digunakan untuk mengukur seberapa baik pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan halaman website. Tujuan pembaruan algoritma ini adalah untuk memastikan bahwa website yang berada di peringkat atas merupakan website yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan untuk pengguna.

Di halaman blognya, Google memberikan contoh website dengan page experience yang buruk.

Sumber: webmasters.googleblog.com

Pada video tersebut terlihat bahwa pengguna ingin mengklik “No, go back”. Namun karena terdapat bar yang muncul pada bilah atas, maka pengguna secara tidak sengaja memilih “Yes, place my order”. Website dengan page experience seperti inilah yang tidak disukai oleh Google. Agar website tidak memberikan pengalaman yang buruk, berikut kami sediakan tips optimasi website dengan meningkatkan page experience situs Anda.

Baca Juga: Pembaruan Algoritma Google Mei 2020, Apa Dampaknya?

3 Tips Optimasi Website

  1. Analisis kembali desain web Anda

Seperti yang terlihat pada contoh yang diberikan oleh Google, website memberikan pengalaman yang buruk karena terdapat masalah pada desain. Untuk menghindarinya, Anda perlu menganalisis kembali desain web  menggunakan teknologi bernama heatmap.

optimasi website
Sumber: crazyegg.com

Alat ini akan menampilkan spektrum warna hangat ke dingin untuk menujukkan halaman mana yang mendapat banyak perhatian dari pengunjung. Dengan heat map, Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengatur desain sesuai dengan perilaku pengunjung web Anda.

  1. Optimalkan page speed

Anda tentu tidak ingin kehilangan pengunjung hanya karena page speed yang sangat lambat. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan bahwa setiap halaman memiliki page speed yang baik. Pastikan waktu yang dibutuhkan untuk membuka situs website tidak lebih dari 3 detik. Semakin cepat situs website Anda, maka semakin baik page experience yang pengguna rasakan.

  1. Website aman untuk diakses

Cara optimasi website selanjutnya adalah memastikan bahwa website aman untuk diakses oleh pengunjung. Google menyarankan agar website menggunakan server yang aman yaitu HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). HTTPS merupakan protokol komunikasi internet yang akan melindungi integritas dan kerahasiaan data antara komputer pengguna dan situs website.

Selain itu, website juga harus terbebas dari virus atau pun malware yang dapat merugikan pengunjungnya. Untuk itu, pemeriksaan sistem keamanan website Anda secara rutin.

Baca Juga: 9 Cara Optimasi SEO untuk Meningkatkan Website Ranking di Google

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique menyediakan beragam layanan untuk Anda, mulai dari jasa optimasi website, pembuatan website, pembuatan aplikasi, penetration tetsing (website security), dan masih banyak lagi. Silakan hubungi kami atau klik layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts