6 Tips Membuat Judul Konten yang Menarik dan Engaging

Hal pertama yang akan dilihat seseorang saat melihat suatu konten yaitu judulnya. Judul konten merupakan sebuah faktor penting dalam menjual suatu konten. Bagi Anda pemiliki website e-commerce, calon pelanggan Anda akan membuat kesan pertama mereka tentang brand Anda dari headline yang Anda gunakan. Tujuan utama dari sebuah judul konten tidak hanya semata-mata menjual barang atau layanan Anda. Mereka pun harus bisa membuat pembaca ingin membaca artikel sampai selesai.

Dalam kegiatan digital marketing, judul atau headline sebuah konten digunakan untuk SEO, email marketing, dan social media marketing. Maka dari itu, membuat judul konten yang menarik dan engaging menjadi suatu keharusan. Lalu bagaimana cara membuat judul konten yang menarik dan engaging? Berikut beberapa tips untuk membuat judul atau headline yang menarik serta engaging.

1. Gunakan Formula 4U

Tidak ada headline yang benar atau salah, tetapi memang ada jenis headline yang sudah terbukti bekerja. Dengan mengikuti formula yang mirip, judul yang Anda buat dapat mendorong orang-orang untuk mengklik konten Anda dan membacanya. Seorang blogger, Melanie Duncan, membuat formula 4U. Formula ini dipercaya dapat mendorong pengunjung website untuk membaca konten Anda hingga selesai.

Baca Juga: Tips & Trik SEO di Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Pencarian

  • Useful

Coba untuk memikirkan headline seperti apa yang akan Anda klik ketika Anda sedang melihat news feed Anda. Salah satu jenis judul artikel yang akan Anda klik biasanya artikel yang menawarkan sesuatu yang bermanfaat untuk Anda. Point ini dapat digunakan baik oleh perusahaan yang menawarkan produk maupun jasa.

  • Urgent

Salah satu cara blogger menarik perhatian pembacanya yaitu dengan headline yang membuat nuansa urgent.dengan nada judul yang penting, orang-orang biasa akan lebih tertarik untuk klik pada artikel tersebut. Mereka pasti tidak ingin ketinggalan berita-berita yang sedang ramai dibicarakan, membantu, dan informatif.

Engaging
Sumber: unsplash.com
  • Unique

Orang-orang senang membaca sesuatu yang unik. Biasanya sesuatu yang unik dapat langsung menarik perhatian seseorang dan membuat mereka ingin mengklik artikel tersebut. kebanyakan website menggunakan plesetan kata-kata di judul mereka untuk menarik perhatian.

  • Ultra-Specific

Anda pasti sering melihat judul-judul artikel yang menggunakan angka. Judul artikel seperti inilah yang dimaksud dengan ultra-specific. Pembaca akan tahu pasti apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mengklik artikel ini. Dengan memastikan bahwa judul Anda memiliki keempat unsur ini, Anda akan menarik perhatian lebih banyak pembaca.

2. Pastikan Manfaat dari Artikel Terlihat dari Judulnya

Jika judul konten Anda menjanjikan sebuah manfaat, orang-orang akan terdorong untuk mengklik dan membaca artikelnya. Judul Anda harus dapat meyakinkan pembaca bahwa mereka akan mendapat sesuatu dengan membaca artikel Anda. Untuk dapat melakukan hal ini dengan sukses, Anda perlu mengenal audience Anda terlebih dahulu.

3. Gunakan Perbandingan di Judul Untuk Menarik Perhatian

Ketika Anda melakukan perbandingan pada judul konten, orang-orang biasanya akan penasaran apa hubungan di antara kedua hal tersebut. Setiap hari, orang-orang membuat banyak keputusan. Konten dengan judul yang mengandung perbandingan akan membuat orang penasaran. Artikel perbandingan juga dapat membantu pembaca untuk menentukan mana hal atau produk yang tepat untuk mereka.

4. Masukkan Angka Pada Judul Konten

Salah satu jenis konten yang paling populer yaitu jenis konten listicles – konten yang berbentuk daftar. Orang- orang senang membaca listicles karena mudah dibaca dan menyimpan waktu. Oleh karena itu, memasukkan angka pada judul konten dapat menarik perhatian pembaca. Artikel yang menggunakan angka pada judulnya biasanya artikel yang berisi tips dan triks.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Google Spreadsheet untuk Mengelola Bisnis

5. Gunakan Keyword Pada Judul

Jika menggunakan keyword di seluruh artikel, Anda juga harus memasukkannya ke dalam judul. Pembaca akan tahu apa isi artikel Anda dan apa yang dapat mereka harapkan dari membacanya, begitu juga dengan mesin pencari. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan judul seperti “Apa yang membuat (keyword) sangat penting dalam sebuah (keyword).”

Dengan memasukkan keyword pada judul, Anda akan menarik lebih banyak kli dan pembaca, mendapatkan lebih banyak share di social media, peringkat lebih tinggi, dan mendapatkan lebih banyak traffic website.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts