Tips & Trik SEO di Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Pencarian

Instagram memiliki peran yang cukup vital dalam meramaikan dunia maya. Banyak konten video serta gambar yang menarik disana. Pebisnis pun tidak melewatkan hal tersebut. Mereka berlomba-lomba untuk membuat akun dan mengumpulkan banyak follower.

Bila membahas SEO, Anda mungkin sudah dapat membayangkan yaitu cara mendapatkan rangking terbaik. Bagaimana caranya? Artikel ini akan memberikan tips SEO di Instagram untuk meningkatkan hasil pencarian. Berikut informasi selengkapnya:

Tips Optimasi SEO di Instagram

  1. Profile Instagram

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu untuk memperbaiki tampilan halaman profil. Orang dapat membuat kesimpulan menyeluruh dari halaman profil Anda. Mereka nantinya akan menentukan apakah halaman Anda perlu di follow atau tidak. Berawal dari profil yang menarik, orang akan membuka konten baik foto atau video yang ada pada akun Anda.

Berikut ini merupakan trik optimasi profil di Instagram:

  • Buat mode profil Anda publik.
  • Gambar yang kaya warna sesuai brand dapat menjadi pilihan.
  • Buat nama bisnis yang mudah untuk dicari.
  • Daftar akun bisnis Instagram.
  • Sertakan tautan yang dapat dilacak dari link bio.

Langkah-langkah tersebut merupakan dasar dan langkah awal sebelum Anda lanjutkan ke langkah berikutnya.

  1. Gunakan Keyword Utama untuk Membuat Nama Akun

Gunakan nama yang mengandung kata kunci utama. Sebagai contoh, pemilihan nama akun @webdeveloper, ketika di klik pada kolom pencarian dengan kata kunci developer, akun instagramnya akan tampil disana.

Baca Juga: Jenis Impression Terbaik Untuk Pertumbuhan Sebuah Akun Instagram

  1. Sertakan Keyword Turunan di Bio

Setelah melakukan optimasi pada keyword utama, selanjutnya Anda dapat memaksimalkan keyword turunan pada bagian bio. Anda dapat menempatkan 3 sampai 4 kata kunci dibagian bio.

Kata kunci turunan berfungsi sebagai menangkap pencarian yang memang tidak ditujukan ke kata kunci utama. Contohnya seperti jasa website atau domain murah yang dapat dijadikan sebagai kata kunci turunan untuk menarik orang yang ingin membuat website.

optimasi SEO
Sumber: unsplash.com
  1. Hashtags Harus Mengandung Keyword

Setelah selesai mengoptimasikan halaman profil, langkah selanjutnya yaitu penggunaan hashtags. Langkah ini merupakan lanjutan yang perlu diperhatikan. Sebagian besar pengguna Instagram menemukan suatu akun hingga memutuskan untuk mem-follownya atas jasa hashtag.

  1. Captions Gambar Menggunakan Keyword Kedua

Untuk pengoptimalan setiap bagian yang ada pada Instagram harus mengandung kata kunci. Pembuatan caption dengan bahasa ringan, unik dan menarik sangatlah penting. Hal ini nantinya akan mengundang calon follower baru serta memuaskan follower lama Anda untuk terus mengikuti update halaman Anda. Buatlah suatu captions dengan keterangan yang tepat dan jelas.

  1. Manfaatkan Alt Teks di Instagram

Fitur Alt Teks ini dibuat untuk pengguna tunanetra dapat ikut menggunakan Instagram, terlebih lagi dapat digunakan untuk SEO. Alt Teks akan terisi otomatis ketika Anda melewatkannya. Lebih baik untuk mengisinya sendiri agar dapat memastikan keterangan yang cocok dan pas untuk foto tersebut.

Setelah selesai membuat Alt Teks secara manual, Anda dapat membagikan foto seperti biasa. Alt Teks Instagram berperan sama seperti Anda membuatnya pada gambar di website. Hal ini dapat membantu menaikkan post rangking, dapat tampil pada pencarian suara, dan lainnya.

  1. Lakukan Analisis

Setelah melakukan optimasi, langkah terakhir yaitu dengan melakukan Analisis terhadap apa yang telah dikerjakan. Instagram memiliki tools analisis sendiri. Namun tools ini terbatas dalam menampilkan data untuk rentang waktu tertentu saja.

Untuk melakukan analisis lebih jauh, Anda dapat menggunakan tools seperti Hootsuite, Sprout Social, atau Sprinklr. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan analisis data yang lebih spesifik, laporan otomatis, dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Alt Text Pada Instagram Serta Bagaimana Cara menulisnya

  1. Main Aman

Mungkin Anda pernah mendengar istilah Black Hat Seo, yaitu merupakan cara-cara optimalisasi yang curang untuk menaikkan ranking suatu website. Di dunia website, Google sudah sering menindak tegas bagi para pelanggarnya.

Di Instagram pun demikian. Dikenal dengan istilah Shadowban, tindakan tegas yang diberikan untuk para pelanggar Instagram berulang kali. Beberapa larangannya yaitu:

  • Jangan mencuri Konten.
  • Jangan menggunakan bot.
  • Jangan mem-follow banyak akun dalam waktu singkat.
  • Jangan membeli follower.

Itulah beberapa tips optimasi SEO di Instagram untuk meningkatkan hasil pencarian. Dengan mengikuti Langkah-langkah tersebut, Anda dapat optimasi SEO akun bisnis Instagram Anda dengan maksimal.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts