Apa itu Spesialis SEM? Keterampilan Apa Saja yang Dibutuhkan?

Apakah Anda siap untuk mengambil keterampilan pemasaran digital Anda kearah yang baru dan menarik? Tidak pernah ada waktu terlambat untuk melakukan transisi karena semakin banyak bisnis yang menyadari bahwa untuk tetap kompetitif mereka harus mengelola keberadaan online mereka dan tidak hanya mengoptimalkan peringkat mesin pencari mereka, tetapi menggunakannya untuk memasarkan bisnis.

Apa itu SEM?

SEM mengacu pada praktik menggunakan mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo untuk memasarkan dan mengiklankan bisnis menggunakan situs web bisnis. Hal ini dilakukan oleh SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay per Click).

Apa itu Spesialis SEM?

Spesialis SEM merupakan orang dengan pemahaman peringkat mesin pencari yang diperlukan untuk menyusun strategi yang akan membawa situs web ke peringkat teratas baik peringkat mesin pencari organic maupun berbayar. Dengan melakukan itu, mereka mempromosikan perusahaan dengan menarik pengunjung bar uke situs web, mendorong bisnis yang berulang, dan membangun identitas brand.

Pada akhirnya, mereka mengoptimalkan proses ini dengan mengelola dan menguji berbagai kampanye pemasaran, menggunakan iklan bayar per klik (PPC) dan melakukan riset kata kunci, spesialis SEM akan membantu perusahaan meningkatkan pendapatan kesuluruhan dan meningkatkan laba atas investasi perusahaan dari iklan berbayar.

Baca Juga: 4 Tipe Iklan Digital yang Perlu Diketahui

spesialis_SEM
Sumber: unsplash.com

Keterampilan yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Spesialis SEM

  • Kemampuan Organisasi

SEM Spesialis harus menangani beberapa poryek dan tenggat waktu secara bersamaan. Keahlian berorganisasi yang kuat yaitu kunci untuk melacak semua kampanye Anda. Kemampuan untuk melakukan banyak tugas dan memprioritaskan ketika proyek baru masuk sangat penting.

  • Penggemar teknologi

Memiliki pemahaman tentang cara menulis HTML, bekerja dengan CSS, dan melakukan desain web dasar merupakan kunci untuk peran SEM spesialis. Memahami cara kerja situs web sangat penting untuk memahami cara kerja peringkat mesin pencari.

  • SEO

Sebagian besar dari SEM merupakan optimasi mesin pencari (SEO). Anda tidak dapat memiliki SEM tanpa SEO, jadi memahami bagaimana SEO bekerja dalam kaitannya dengan peringkat situs web merupakan keharusan. Seorang spesialis SEM harus memiliki pemahaman mendalam tentang optimasi mesin pencari.

  • PPC

Memahami menggunakan iklan PPC Bersama dengan SEO adalah kunci untuk menjadi spesialis SEM yang sukses.

  • Keterampilan Komunikasi yang Kuat

Sebagai spesialis SEM, Anda akan menjadi bagian dari tim yang terdiri dari banyak pemain. Desainer web, penulis, pengelola konten, dan mungkin klien. Anda harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif baik secara verbal maupun melalui aplikasi email atau messenger.

  • Statistik, Data & Analisis

Pikiran analitis merupakan hal yang mutlak. Spesialis SEM akan mempelajari pola lalu lintas situs web yang menggunakan perangkat lunak analitis untuk menentukan apa yang efektif dalam mengarahkan lalu lintas dan apa yang tidak.

Baca Juga: Mengenal Pay Per Click (PPC) Serta Cara Kerjanya

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts