Manfaat Search Engine Marketing (SEM) Bagi Bisnis

SEM atau Search Engine Marketing merupakan suatu aktivitas marketing menggunakan iklan berbayar yang muncul pada mesin pencari atau pada search engine seperti Google.

Search Engine Marketing merupakan satu dari banyaknya metode di dalam internet marketing. Jika SEM digunakan dengan baik dan benar, hal ini dapat membantu bisnis berkembang pesat di era digital yang semakin hari semakin kompetitif.

Artikel ini akan membahas apa itu SEM, dan bagaimana SEM dapat membantu bisnis Anda berkembang.

Pengertian Search Engine Marketing

Apa itu sebenarnya SEM? Menurut Searchengineland Singkatnya, SEM dapat diartikan sebagai “membeli” traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google.

Seorang marketer dapat melakukan bidding terhadap keyword / kata kunci yang mereka inginkan, degan harapan bahwa setiap orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut, akan memilih website / iklan mereka.

Terdapat bermacam format dalam SEM, diantaranya format berbentuk text¸dan PLAs (Product Listing Ads / Shopping Ads) berbentuk produk, harga, review, dan rating yang bersifat visual. SEM dalam format teks biasanya menggunakan Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini. Tetapi, penggunaan Google Adwords lah yang sangat populer saat ini.

Baca Juga: 4 Tipe Iklan Digital yang Perlu Diketahui

Manfaat Search Engine Marketing Bagi Bisnis

Menggunakan SEM sebagai sarana marketing di dunia online dengan cara yang benar dan tepat dapat membantu suatu bisnis untuk berkembang.

  • Targeted Marketing

Menggunakan SEM akan memberikan peluang kepada marketer untuk menyampaikan iklan yang mereka ingin sampaikan kepada audiens yang mereka tetapkan.

Contohnya yaitu dimana seorang marketer yang ingin menjual motor bekas hanya menampilkan iklan mereka kepada audiens yang mencari dengan kata kunci “jual motor bekas”. Selebihnya, Anda juga dapat menentukan demografi audiens yang Anda inginkan, seperti lokasi dan umur mereka.

Search_Engine_Marketing
Sumber: unsplash.com
  • Cepat Mendapatkan / Melihat Hasil

Proses pembuatan dan pememasang iklan pada Google Adwords tergolong cepat dan hasilnya dapat di lihat setelah iklan Anda tayang. SEM memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dibandingkan dengan metode SEO yang memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk membuahkan hasil. Metode ini cocok bagi Anda yang baru memiliki website dan menginginkan hasil dalam waktu singkat.

  • Dapat Menyesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Keunggulan lainnya yaitu karena Anda dapat memasang budget sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Di Saat budget Anda sudah habis, iklan akan terhenti secara otomatis.

Baca Juga: Mengenal Pay Per Click (PPC) Serta Cara Kerjanya

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts