Cara Mudah Membuat Facebook Fan Page Untuk Bisnis Anda

Dengan banyaknya pengguna aktif yang dimiliki oleh Facebook, hal ini menjadi peluang besar bagi pemilik bisnis untuk memasarkan produk mereka melalui Facebook.

Salah satu media promosi seperti ini dapat menjangkau berbagai segmen, karena pengguna Facebook itu sendiri telah menjangkau segala lapisan masyarakat.

Cara untuk membuat akun Facebook cukup mudah. Jika ingin menggunakan Facebook untuk mempromosikan bisnis Anda, ada baiknya Anda tidak sekedar membuat akun Facebook biasa, tetapi menambahkan Fan Page Facebook pada akun Anda. Berikut cara membuat Fan page Facebook:

Baca Juga: Cara Menggunakan Facebook Analytics dan Facebook Insights

1. Klasifikasi Produk

Setelah masuk ke dalam akun Facebook Anda, buatlah Page baru kemudian pilih salah satu dari 6 klasifikasi yang tersedia:

  • Local business or place
  • Artist, band, or public figure
  • Company, organization, or institution
  • Entertainment
  • Brand of product
  • Cause of community

Pilih klasifikasi yang sesuai, karena hal ini dapat membantu menaikkan peringkat Anda dalam pencarian yang terkait dengan bisnis Anda. Penting untuk memilih klasifikasi yang sesuai. Setelah memilih klasifikasi, pilih kategori bisnis Anda kemudian tulis nama perusahaan atau brand Anda. Perlu diingat bahwa kategori dan nama tidak dapat dirubah. Maka dari itu, pikirkan dengan matang terlebih dahulu. Setelah itu, centang kotak “I agree to Facebook page terms” dan klik “get started”.

2. Lengkapi Informasi

  • Upload foto pada Fan page Facebook Anda agar terlihat bisnis Anda professional, gunakan foto, logo ataupun gambar dengan kualitas yang baik yang dapat mencerminkan bisnis Anda, dikarenakan foto tersebut nantinya akan muncul pada setiap posting dan news feed yang Anda lakukan serta saat membalas pesan dari akun orang lain. Gunakan foto dengan ukuran /180 x 180 pixel.
  • Anda harus mengisi halaman ‘About’ pada Fan Page Deskripsikan bisnis Anda dengan detail dan tidak lebih dari 2-3 kalimat. Jika Anda mempunyai website, cantumkan URL menuju website perusahaan Anda.
fan_page_facebook
Sumber: unsplash.com

3. Masukkan Konten

  • Photo Cover

Photo cover akan membuat penampilan Fan page Anda jadi lebih menarik. Ukuran untuk photo cover adalah 828×315 pixel.

  • Melakukan Posting di Fan page

Penting untuk mengetahui seperti apa jenis pengunjung Anda nantinya. Mengetahui jenis serta topik informasi yang mereka sukai akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan engagement Anda dengan para pembaca.

Semakin menarik konten yang Anda posting, akan semakin banyak pengunjung yang tertarik mengunjungi dan bahkan dengan suka rela membagikan konten Anda.

Mengetahui waktu dan jenis post yang tepat untuk pembaca Anda juga akan sangat membantu.

  • Amati Fan page Anda

Jangan lupa bahwa akan ada pengunjung Fan page Anda yang harus dipantau secara rutin. Bangunlah hubungan baik dengan pengunjung Fan page seperti membalas komentar dan pesan mereka agar interaksi dengan mereka dapat terus-menerus. Jika pengunjung puas, maka mereka pun akan membuat pengunjung pada Fan page Anda semakin banyak.

Baca Juga: Facebook Ads : Bagaimana cara membuat iklan di Facebook ?

4. Memantau keterlibatan penggemar

Saatnya Anda menilai sejauh mana usaha yang sudah Anda lakukan dalam pemasaran melalui Fan page menguntungkan. Anda dapat mengunjungi tab ‘Insights’ di halaman Fan page Anda untuk memantau keterlibatan pengunjung Anda.

Untuk mengetahui postingan yang mana yang mendapatkan reach paling banyak pada halaman Facebook, pilih ‘Insights’ kemudian klik ‘Reach’.

Akan tampil beberapa spike yang akan menunjukkan postingan mana dengan reach paling tinggi. Namun, Anda jangan hanya bergantung dengan informasi ini saja untuk mengetahui postingan mana yang terbaik.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts