Cara Menggunakan Facebook Analytics dan Facebook Insights

Menggunakan Facebook dengan tujuan untuk melakukan bisnis tanpa memperhatikan analisisnya akan cukup memberikan kesulitan. Memiliki akses untuk mengetahui informasi yang jelas dapat memungkinkan Anda untuk lebih mudah menavigasi Facebook. Hal tersebut lah yang mendorong terciptanya Facebook Analytics dan Facebook Insights.

Fitur Facebook Analytics dan Insights dapat memudahkan Anda dalam melacak kinjera bisnis melalui berbagai unsur yang berbeda, seperti jumlah likes, pencapaian, keterlibatan, dan demografi.

Facebook Analytics dan Insights berguna untuk memberikan gambaran yang jelas dari mana strategi sosial Anda berdiri serta mampu memberikan kejelasan dan prepektif yang tinggi. Maka dari itu, Facebook Analytics dan Insights juga dapat memberi dampak positif dalam menavigasi rencana media sosial Anda. Berikut merupakan panduan dalam menggunakan Facebook Analytics dan Insights.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengaktifkan Facebook Dark Mode?

Cara mengakses Facebook Insights

Jika Anda memiliki halaman bisnis lebih dari 30 penggemar, Anda dapat mengakses Facebook Insights melalui Page Anda. Klik Insights pada bagian atas. Di sini, Anda dapat melihat metrik tentang Page dengan meng-klik bagian pada sebelah kiri. Untuk mengekspornya, klik ‘Export’ pada sudut kanan atas. Dari bagian Insights di Page, Anda memiliki akses ke banyak informasi yang akan membantu mengevaluasi kinerja pada masa lalu, sekarang, dan strategi di masa depan.

Cara menggunakan Facebook Analytics

facebook_analytics
Sumber: unsplash.com

Mengukur keterlibatan

Dalam Facebook Analytics, mengukur keterlibatan dapat mengacu pada presentase orang yang merespon, membagikan, mengklik, maupun mengomentari sebuah postingan tertentu, Anda juga akan diberikan gambaran tentang lima postingan terbaru Anda yang mencakup tentang target informasi, pencapaian, dan lainnya. Cara menggunakannya yaitu:

  1. Klik ‘Insights’ di bagian atas Page
  2. Klik Posts
  3. Arahkan pada All Posts
  4. Klik tanda panah di sebelah kanan ‘Post Click/Reactions, Comments & Share’
  5. Pilih ‘Engagement Rate

Jumlah Likes

Salah satu hal yang paling populer dalam mengukur pencapaian di Facebook yaitu melalui jumlah Likes. Untuk mengakses tab ’Likes’ pilih dari bagian atas layar Page Anda kemudian klik ‘Overview’ dan ‘Reach’. Grafik pertama yang terlihat yaitu rentang tanggal untuk melihat kinerja Page. Kemudian grafik di bawahnya akan menampilkan total Likes dari berbagai sumber seperti iklan, Pages, pencarian, dan lainnya.

Baca Juga: Facebook Ads : Bagaimana cara membuat iklan di Facebook ?

Jumlah Kunjungan

Anda juga perlu memeriksa Pages Anda dikunjungi oleh orang-orang dengan mengetahui jumlah kunjungan di Pages, Anda dapat memahami apa yang kiranya disukai oleh orang-orang dari Pages Anda, apa yang dibicarakan, dan bagaimana mereka dapat masuk ke Pages Anda. Pada grafik acuan eksternal, Anda akan melihat darimana kunjungan tersebut berasal. Bisa dari mesin pencari, situs-situs lain, maupun saluran sosial lainnya. Informasi ini berguna jika tujuan bisnis Anda yaitu mengarahkan traffic dari sumber lainnya.

Posts

Di sebelah tab ‘Visits’, selanjutnya Anda akan menemukan tab ‘Posts’. Tab ini akan membantu Anda untuk memecah setiap postingan dan potongan konten untuk melihat seberapa baik postingan Anda, hal ini juga akan membantu Anda untuk memahami konten apa yang disukai pengunjung dan mampu membuat konten yang sesuai.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts