Mengenal Alt Text Pada Instagram Serta Bagaimana Cara menulisnya

Instagram telah menanmbahkan Alternatif teks biasa (Custom Alternative Text) sebagai fitur yang berfungsi untuk mempermudah penyandang disabilitas netra mengakses Instagram pada 28 November 2018 lalu.

Fitur ini awalnya merupakan Alternatif teks otomatis (Automatic Alternative Text) yang menggunakan teknologi pengenalan objek bagi pengguna aplikasi pembaca layar (Screen reader).

Alternative text biasa yang telah diluncurkan itu memiliki keunggulan pada deskripsi yang lebih kaya dibandingkan Alt text otomatis. Alternative text biasa diisi secara manual oleh pengunggah gambar sehingga dapat memberikan penjelasan yang lebih kontekstual pada pemirsa / pengikutnya di Instagram.

Apa itu Alt Text?

Alternative text berguna untuk membuat orang paham apa yang tertera dalam suatu gambar. Pada website, jika gambar gagal untuk loading / tidak tampil, Alt text akan tampil di gambar tersebut. mesin pencari tersebut.

Untuk aplikasi berbasis foto seperti Instagram, Alt text dapat ditulis dengan lebih detail daripada di blog atau website. Penulisan Alternative text direkomendasikan tidak lebih dari 125 karakter untuk memastikan kompatibilitas pembaca layar secara umum. Hal ini juga berfungsi untuk membuat pendengar tidak jenuh dengan Alt text yang terlalu Panjang. Tentunya jumlah karakter tersebut bukan Batasan yang sangat ketat.

Baca Juga: 2020: Strategi Metode Follow unfollow Di Instagram Sudah Tidak Bekerja

Alt_text
Sumber: pexels.com

Cara menambahkan Instagram Alt Text

  1. Lakukan posting foto ke Instagram
  2. Setelah memilih foto dan menambahkan filter, klik next
  3. Scroll layer ke bawah dan temukan menu “Advanced Setting”
  4. Klik bagian “Write Alt Text”
  5. Tulislah konten teks alternative yang diinginkan pada kolom yang tersedia, klik “Done” pada iOS atau Save untuk pengguna Android jika selesai.
  6. Tekan tombol Kembali, di sini Anda dapat menambahkan caption atau mention pengguna lain jika di inginkan.
  7. Jika selesai, Anda dapat langsung menekan tombol Share yang ada pada bagian kanan atas layer Instagram.
  8. Selesai

Menambahkan Alt Text Pada Pada Postingan Foto yang Telah Diupload

Jika Anda telah memposting foto tanpa Alt Text, Anda dapat menambahkan konten tersebut pada foto yang sudah di posting, caranya sebagai berikut:

  1. Buka foto postingan yang ingin Anda tambahkan Alt Text, tekan menu yang berupa tiga buah titik pada bagian kanan atas gambar tersebut.
  2. Pilih “Edit”
  3. Pilih tulisan “Add Alt Text”
  4. Tulis alt text pada kolom yang tersedia, klik “Done” (iOS) atau “Save” (Android) untuk menyimpan hasil perubahan, klik “Done” atau tanda ceklis.
  5. selesai

Baca Juga: Cara Mengoptimasikan Akun Instagram Untuk Bisnis

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts