Pandemic Edition: Panduan Mengelola Performa Karyawan Saat Work From Home

Menanggapi ketidakpastian akan berakhirnya kondisi pandemic Covid-19, banyak perusahaan dan universitas maupun sekolah telah meminta karyawan mereka untuk bekerja dari jarak jauh. Sementara itu, pada  Selasa 22 April 2020 sudah tercatat sebanyak 3.741 perusahaan yang sudah menerapkan sistem kerja dari rumah (work from home) dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 1.033.978 di Jakarta yang dilaporkan berdasarkan data resmi Disnakertrans DKI Jakarta.

Kebijakan baru ini membuat beberapa karyawan bekerja di luar kantor dan berpisah satu sama lain untuk pertama kalinya. Meskipun bekerja dari rumah sudah tidak menjadi hal baru bagi beberapa perusahaan, seperti perusahaan  IT Consultant. Kebijakan ini  masih terbilang baru oleh perusahaan-perusahaan diluar sana, dengan itu tingkat persiapan yang masih kurang layak sehingga produktivitas dan performa karyawan menjadi menurun.

Berikut panduan yang dapat diperhatikan oleh perusahaan dalam mengelola performa karyawan di saat work from home:

Buat absensi harian yang terstruktur: Banyak perusahaan yang berhasil menerapkan hal ini kepada para karyawan mereka saat wfh, yaitu berupa serangkaian absensi online yang digunakan oleh perusahaan dengan fitur penting sehingga Anda tidak perlu khawatir akan produktivitas dan performa karyawan yang menurun karena dapat meninjau pekerjaan karyawan.

working hours tracking
Working Hours Tracking Dokodemo-Kerja

Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk mengatasi hal tersebut adalah “dokodemo-kerja” yang dikembangkan oleh Logique Digital Indonesia dengan sistem memantau dan meninjau pekerjaan setiap karyawan dengan efektif, efisien dan akurat. Berbagai fitur dan desain yang tersedia pun menguntungkan perusahaan maupun karyawan dalam mengelola kinerja timnya saat penerapan sistem kerja dari rumah ini diterapkan.

Berikan beberapa opsi teknologi komunikasi yang berbeda: Email saja tidak cukup. Melakukan pekerjaan dari rumah, karyawan akan mendapatkan manfaat dan pengalaman dari teknologi tersebut, seperti melalui video konferensi yang memberikan banyak keuntungan diantaranya dengan mengurangi rasa apatis dalam tim dan berguna untuk percakapan yang kompleks atau sensitif karena lebih  pribadi dan lebih tersampaikan tujuannya jika dibandingkan dengan komunikasi melalui chatting, email ataupun audio. Adapun video konferensi yang dapat digunakan diantaranya microsoft teams, skype, google hangouts  dan lain-lain.

Dan menetapkan aturan keterlibatan kerja: Pekerjaan jarak jauh menjadi lebih efisien dan memuaskan ketika perusahaan menetapkan harapan untuk frekuensi, sarana, dan waktu komunikasi yang ideal untuk tim atau karyawan mereka.

bekerja secara remote
Sumber : Slack

Misalnya, perusahaan menggunakan slack untuk berhubungan antar karyawan dan tim. Dengan ini karyawan dapat memberitahu cara dan waktu terbaik untuk saling berkomunikasi selama hari kerja (misalnya, “hari ini saya tersedia untuk dihubungi dari pagi hari untuk percakapan di slack atau video konferensi, jika keadaan darurat bisa menelpon atau mengirimkan saya sms”.

Adapun pilihan yang lain dengan menggunakan laporan kerja harian untuk setiap karyawan, kesempatan ini dapat digunakan perusahaan untuk mengevaluasi performa karyawan secara bersamaan. Laporan kerja harian yang efektif dan transparan saat digunakan yaitu “Nippo”.

Produk laporan kerja harian Nippo ini dapat diisi dengan berbagai rincian pekerjaan yang dilakukan karyawan saat wfh, akumulasi jam kerja, penilaian dari user terhadap timnya, dan berbagai fitur lain yang memudahkan perusahaan untuk mengelola produktivitas dan performa karyawan disaat bekerja dari jarak jauh. Kami juga menawarkan tawaran menarik di kondisi pandemic ini untuk berbagai produk dokodemo-kerja atapun nippo, yang dapat diakses disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts