Mengenal Pay Per Click (PPC) Serta Cara Kerjanya

Terdapat banyaknya cara untuk melakukan online advertising, baik melalui media sosial, search engine, maupun website. Salah satu cara yang terbukti efektif yaitu melakukan kampanye iklan berbayar. PPC atau Pay Per Click merupakan suatu cara yang populer dalam paid advertising. Sebelum memutuskan untuk membayar PPC dalam mengiklankan produk Anda, ada beberapa hal yang harus perlu untuk diketahui terlebih dahulu.

Apa itu Pay Per Click (PPC)?

PPC merupakan suatu model dimana iklan yang diklik akan dibayar oleh pemasang iklan. Contohnya seperti Google Ads. Anda dapat memasang iklan pada Google Ads dengan keyword spesifik untuk memasarkan produk atau jasa Anda.

Ketika keyword tersebut dicari pengguna, iklan yang terpasang akan muncul di jajaran teratas. Kemudian, seperti Namanya Pay Per Click, jika pengguna mengklik iklan tersebut dan kemudian pengguna tadi dikirim ke website Anda, maka klik tersebut akan Anda bayar.

Tidak perlu khawatir untuk membayar terlalu mahal, karena biaya yang dikeluarkan relative kecil, sementara potensi konverensi sangat besar. Jika Anda membayar sebesar Rp. 2000,- untuk suatu klik yang akan mengirim calon pembeli ke website Anda, maka calon tersebut berpotensi menggunakan jasa atau produk yang Anda jual seharga Rp. 200.000,-. Hal tersebut bukankan masih cukup menguntungkan Anda?

Baca Juga: Kelebihan Iklan PPC ( Pay Per Click) dalam Digital Marketing

ppc
Sumber: ppcprotect.com

Cara Kerja Pay Per Click (PPC)

Cara kerja PPC terbilang cukup rumit. Karena keywords yang dipasangkan Bersama iklan Anda kemungkinan besar dipasangkan dengan iklan yang lain, maka Anda harus dapat berjuang agar iklan yang Anda pasang dapat dengan mudah “naik” jika keywords tersebut dicari pengguna.

Setiap keywords tersebut diketikan, maka Google akan mencari iklan yang paling relevan atau paling tinggi rangkingnya dengan keywords tersebut. terdapat formula khusus yang digunakan Google untuk menentukan iklan mana yang akan dimunculkan. Google mengurutkan ranking iklan Anda dengan formula dibawah ini:

AdRank : CPC X QS

Where =

CPC : Cost Per Click

QS : Quality Score

Apa itu Cost Per Click?

CPC merupakan jumlah uang yang Anda bayarkan per-click. Semakin tinggi jumlah yang Anda bayarkan semakin tinggi nilai perkalian dari formula AdRank, sehingga iklan Anda akan naik dengan cepat dalam ranking Google. Tetapi, CPC bukanlah satu-satunya nilai yang membuat iklan Anda naik “ranking”.

Apa itu Quality Score?

Jika Anda mengandalkan CPC untuk menaikan nilai ranking iklan Anda, maka Anda harus  membayar cukup mahal. Tetapi ada cara alternative lain untuk mengendalikan budget iklan Anda. Memproduksi iklan dengan QS akan sangat membantu dalam menaikan ranking Google Anda.

Baca Juga: 4 Tipe Iklan Digital yang Perlu Diketahui

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts