Pembaruan Algoritma Google Mei 2020, Apa Dampaknya?

Pada tanggal 4 Mei 2020, Google melalui akun Twitternya resmi mengumumkan update algoritma yang diberi nama dengan “The May 2020 Core Update”.

Menurut informasi dari beberapa sumber terpercaya, arah perubahan kali ini berkaitan erat dengan perubahan-perubahan sebelumnya yaitu berkaitan dengan permasalahan konten. Perubahan kali ini melengkapi perbaruan yang terlah terjadi sebelumnya yaitu pada Januari 2020 dan pada tahun 2019.

Google masih memberikan link informasi pembaruan algoritma yang pernah mereka bagikan sebelumnya pada tanggal 1 Agustus 2019 di Twitter-nya. Artikel tersebut menekankan untuk fokus terhadap konten dalam website. Fokus pada memberikan konten dengan kualitas terbaik yang dapat diberikan.

Baca Juga: Mengenal Google Station. Layanan Google yang Berhenti di Akhir 2020

Pembaruan Pertama Sejak Covid-19

Pembaruan terakhir diluncurkan pada minggu kedua Januari 2020 lalu. Pada saat itu, Covid-19 hampir tidak ada di radar siapa pun. Dunia dengan cepat berubah ketika Covid-19 dinyatakan sebagai pandemic yang datang dengan perubahan signifikan dalam perilaku pencarian pengguna.

Sebelumnya, Google mengatakan tidak pernah ada begitu banyak pencarian untuk satu topik seperti Covid-19. Pandemic ini telah mengubah apa yang dibutuhkan orang dari hasil pencarian Google. Baik itu mencari informasi tentang virus Covid-19, tempat-tempat yang menawarkan layanan jarak jauh, atau tempat untuk membeli produk yang sangat dibutuhkan secara online.

Dengan pembaruan algoritma Google Mei 2020, Google dihadapkan dengan tantangan yang unik untuk megejar ketinggalan bagaimana dunia mencari. Seiring berjalannya waktu, kita akan melihat apakah orang-orang merasa lebih mudah untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan melalui pencarian Google.

Algoritma_Google
Sumber: unsplash.com

Dampak Pada Perubahan Peringkat

Seperti yang dikatakan akun resmi Google, pembaruan akan selesai pada 1 atau 2 minggu. Anda dapat melihat dampaknya pada 2 minggu kedepan. Jika tidak melanggar pedoman Google, biasanya efeknya tidak akan terlalu signifikan. Jika beruntung, website justru dapat mengalami peningkatan peringkat di halaman pencarian Google. Tetap fokus saja untuk terus memproduksi konten-konten yang berkualitas. Sembari terus mengamati dampak apa yang akan terjadi pada peringkat website Anda.

Pembaruan Algoritma Google Mei 2020: Apa yang Harus Dilakukan?

Panduan Google mengenai pembaruan algoritma ini tetap sama persis dengan semua pembaruan di masa lalu. Google selalu mengatakan tidak ada yang perlu diperbaiki jika peringkat turun setelah pembaruan algoritma. Sebaliknya, pemilik situs secara rutin disarankan untuk membuat konten mereka sebaik mungkin.

Baca Juga: Segera Update Google Chrome Terbaru untuk Hindari Zero Day Attack

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts