Optimasi instagram

Cara Mengoptimasikan Akun Instagram Untuk Bisnis

Mei 13th, 2020 |

Apakah optimasi Instagram perlu untuk dilakukan? Jika memiliki tujuan membuat akun Instagram bukan untuk berbisnis, jawabannya tidak. Tetapi, untuk mereka yang bermaksud untuk berbisnis maka langkah optimasi Instagram sangatlah penting dilakukan. Instagram mempunyai algoritma yang akan memperluas jaringan Anda berdasarkan data yang Anda isi.

Perlu Anda ketahui, terdapat 5 aspek penting yang menjadi perhatian Instagram dalam profile. Artinya, Anda harus dapat melakukan optimasi Instagram yang maksimal secara keseluruhan.

1. Memaksimalkan profil

Profil merupakan poin penting karena hal inilah yang pertama dilihat oleh calon pembeli. Pembeli dapat diyakinkan dari profil yang ditampilkan pada akun bisnis tersebut. Untuk memaksimalkan profil Instagram, dibutuhkan 3 komponen profil seperti dibawah ini:

a. Username

Satu username di Instagram hanya dapat dimiliki satu akun saja. Tidak mungkin ada username yang sama. Meski begitu, bisa jadi ada username yang mirip. Biasanya username dibedakan dengan tanda titik, maupun underscore.

Satu username hanya dapat dipakai oleh satu akun, username di Instagram dapat diubah sesuai keinginan. Lalu, bagaimana cara menentukan username yang tepat agar muncul di kolom pencarian? Terdapat dua pendekatan yang dapat digunakan.

  • Pendekatan Branding

Biasanya digunakan oleh brand yang sudah terkenal. Mereka dapat menjaring pembeli baru dengan tetap merawat pembeli lama sehingga reputasi tetap terjaga.

  • Pendekatan Keyword

Username yang dipakai merupakan keyword yang berkaitan dengan produk yang dijual. Contoh keywordnya seperti sepatu murah maka username yang dipakai sepatumurah_namatoko.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Bisnis Harus Membuat Instagram Stories Filter Sendiri

Optimasi_instagram

Sumber: unsplash.com

b. Nickname

Nickname biasanya digunakan sebagai targeting calon pembeli. Cara untuk menentukannya dapat memakai nama produk, namun lebih baik spesifik atau mengacu pada hashtag yang biasanya banyak dipakai oleh calon pembeli produk tersebut.

Nickname merupakan hal yang sangat penting karena nickname dapat mempengaruhi hasil pencarian oleh search engine. Pendekatan ini dapat dipilih, karena pembeli biasanya akan mengetik keyword di kolom pencarian.

c. Biodata

Calon pembeli dapat mengerti profil singkat usaha dari biodata tersebut. atas alasan inilah, penting untuk menuliskan biodata secara jelas yang dapat mendeskripsikan usaha tersebut. Biasanya, unsur-unsur berikut ini yang ditulis dalam biodata:

  • Deskripsi Produk atau Jasa yang di jual

Contoh: Jasa Pembuatan Web, supplier sepatu murah dan lainnya.

  • Contact Person

Mencantumkan Contact Person akan mempermudah calon pembeli bertransaksi. Contohnya seperti nomor WhatsApp, LINE dan lainya.

  • Website/Blog/Profil Facebook

Jika memiliki website, toko di marketplace, cantumkan di biodata Anda. Biasanya deskripsi di web dan blog lebih detail. Ini dapat digunakan untuk meyakinkan calon pembeli.

  • Gunakan Shortlink

Meski belum mempunyai blog ataupun website, Anda dapat mencantumkan shortlink LINE/WhatsApp sehingga pembeli tidak perlu repot untuk mencatat nomor kontak. Gunakan icon-icon yang cocok untuk mempercantik tampilan biodata agar lebih menarik untuk dilihat.

Baca Juga: DM Instagram Kini Dapat Diakses Lewat Web

2. Konten

Di Instagram ada beberapa jenis postingan, yaitu:

  • Single Image
  • Multi Image (post dengan banyak gambar)
  • Video dengan durasi maksimal 60 detik
  • Instagram story berupa foto atau video

Lalu apa saja yang dapat di optimasi dari konten? Dua hal ini lah yang dapat di optimasikan:

  • Gambar/ Video seperti : gambar produk, gambar pengiriman, aktifitas usaha, lokasi usaha, testimony dan lainnya.
  • Caption dan hashtag : caption kurang lebihnya merupakan deskripsi tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Sementara hashtag merupakan keyword tertentu yang relevan dengan produk maupun jasa yang dijual.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *