skema phising

Maraknya Skema Phising, Ikuti 6 Tips Cegah Terjadinya Kejahatan Pada Akun Instagram Anda

Mei 12th, 2020 |

Sudah mempunyai ribuan atau bahkan jutaan pengikut di Instagram? Anda perlu waspada karena para peretas dapat mengincar Anda. Terutama terhadap skema phising yang baru-baru ini sering terjadi di berbagai platform.

Pelaku skema phising akan mengirimkan surel (email) berupa pemberitahuan pelanggaran hak cipta. Contohnya berbunyi, “Akun Anda akan dihapus secara permanen karena pelanggaran hak cipta.” Surel tersebut tampak sangat asli karena dilengkapi dengan tajuk dan logo Instagram. Bahkan, alamat pengirim hamper menyerupai email resmi Instagram.

Setelah Anda mengklik tautan tersebut. Anda diminta memasukkan kredensial Instagram. Kemudian pesan lain akan muncul seperti: “Kami perlu memverifikasi respons Anda dan memeriksa apakah akun surel Anda cocok dengan akun Instagram.” Saat meng-klik “verifikasi alamat surel Saya”, Anda Kembali diminta mengirimkan alamat surel, yang dibalas dengan: “Kami akan meninjau respons Anda”. Setelah itu Anda akan dialihkan ke suatu situs web Instagram asli. Hal ini hanya trik sederhana yang akan sukses menipu Anda.

Baca Juga: 3 Upaya Peretasan E-commerce yang Pernah Terjadi

Skema_phising

Sumber: pexels.com

Setelah data Anda masuk ke scammers, mereka akan mengambil alih profil Instagram Anda dan memodifikasi informasi sehingga Anda tidak dapat memulihkannya. Kemudian mereka mulai menuntut uang tebusan untuk mengembalikan akun Anda atau menyebar spam dan segala jenis konten berbahaya lainnya dengan menggunakan akun Anda. Hal ini belum termasuk bahaya lain yang dapat terjadi saat Anda memberikan kata sandi kepada peretas.

Baca Juga: 4 Cara Untuk Mengamankan Akun Tokopedia dari Peretas

Bagaimana cara untuk melindungi akun Instagram Anda agar terhindar dari kejahatan siber tersebut? berikut merupakan enam tips untuk melindungi akun Instagram Anda.

  1. Tidak meng-klik tautan yang mencurigakan.
  2. Selalu periksa alamat untuk URL halaman web. 1stogram.com atau Instagram.security-settings.com merupakan contoh tautan yang berbahaya. Segera keluar dari laman tersebut dan jangan pernah memasukkan data pribadi Anda.
  3. Gunakan aplikasi Instagram resmi.
  4. Jangan pernah memasukkan kredensial login untuk otentikasi pada layanan dan aplikasi pihak ketiga.
  5. Aktifkan otentikasi dua factor (2FA)
  6. Gunakan solusi keamanan andal yang dapat menyaring pesan mencurigakan dan memblokir halaman phising.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *