4 Cara Untuk Mengamankan Akun Tokopedia dari Peretas

Baru-baru ini, terdapat kabar bahwa Tokopedia mengalami kebocoran data pengguna hingga diperjualbelikan di forum dark web. Banyak pengguna yang merasa kecewa terhadap kejadian ini.  Informasi pribadi pengguna, seperti nama akun, alamat, e-mail, hingga nomor telepon terpapar sehingga berpotensi dimanfaatkan oleh hacker.

Terkait hal ini, pihak Tokopedia mengakui bahwa ada upaya peretasan data milik pengguna. VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan bahwa pihak mereka menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna.

Meski membenarkan terdapat upaya pencurian data pengguna, Tokopedia mengklaim bahwa informasi milik pengguna tetap aman dan terlindungi.

Baca Juga: Mengapa Menjaga Keamanan Aplikasi Penting Bagi Perusahaan Anda?

Cara Mengamankan Akun Tokopedia

Untuk mengamankan data pengguna, pihak Tokopedia menyarankan untuk menggati kata sandi, tambahkan PIN, menghapus rekening bank yang terdaftar, dan mengaktifkan 2FA demi amankan akun.

tokopedia
Sumber: mataram.tribunnews.com

1. Mengganti Kata Sandi

Cara mengganti kata sandi cukup mudah. Pertama-tama, buka situs atau aplikasi Tokopedia dan login ke akun Anda. Kemudian klik “Akun” yang terletak di kanan bawah aplikasi kemudian klik “pengaturan”. Pilih menu “Akun” lalu klik menu “Kata Sandi”. Masukkan kata sandi yang lama dan baru pada kolom yang sudah tersedia dan klik tombol “Simpan”.

2. Tambahkan PIN

Untuk keamanan tambahan, Anda dapat menambahkan 6-digit PIN pada Tokopedia dengan mengklik menu “PIN Tokopedia” pada tampilan “Atur Akun”. PIN akan diminta ketika akun digunakan untuk bertransaksi.

3. Hapus Rekening Bank yang Sudah Terdaftar

Anda juga dapat menghapus rekening bank yang sudah didaftarkan sebelumnya dengan mengklik “Akun Bank” di menu utama “Atur Akun”. Pada tampilan akun bank, pilih nomor rekenin yang sudah terdaftar dan klik tombol “Hapus”.

4. Mengaktifkan fitur 2FA (Two-Factor Authentication)

Anda dapat menggunakan 2FA untuk menambahkan keamanan pada akun Anda. Pengguna perlu memasang aplikasi Google Authenticator sebelum menggunakan fitur tersebut.

Setelah memasang Google Authenticator, buka situs Tokopedia pada desktop, klik menu ikon avatar kemudian klik “Pengaturan. Pilih tab “Google Authenticator” lalu klik tombol “Aktifkan Google Authenticator” yang dapat ditemui ketika meng-scroll layar ke bawah.

Baca Juga: Lemahnya Keamanan Data Menjadi Penyebab Pelanggaran Data

Nantinya, Anda akan melihat tampilan kode QR serta 16-digit kode aktivasi. Anda dapat melihat kodenya dengan membuka aplikasi Google Authenticator kemudian pindai kode QR tersebut.

Setelah Google Authenticator berhasil memindai kode tersebut, klik tombol “Add Account” lalu masukkan 6-digit kode yang dihasilkan pada kolom “Kode Autentikasi”. Kemudian, klik tombol Verifikasi”.

Jika proses ini selesai, nantinya Anda diharuskan untuk memasukkan 6-digit kode yang dihasilkan oleh aplikasi Google Authenticator jika masuk ke akun Tokopedia di perangkat baru.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts