white hacker

Keterampilan yang Dibutuhkan Untuk Menjadi White Hacker

Mei 5th, 2020 |

Menjadi seorang hacker merupakan sebuah kebanggan tersendiri untuk Sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan mereka bisa masuk ke dalam sistem komputer dengan cara menggunakan Bahasa pemrograman yang menurut kebanyakan orang susah untuk dipelajari.

Hacker merupakan seorang yang bisa melakukan hacking atau peretasan pada suatu sistem. Hacker dapat memasuki suatu sistem dengan cukup mudah dengan cara menerobos dan dapat menganalisa ataupun memodifikasi suatu sistem tanpa diketahui identitas sang pelaku.

Dalam dunia hacker sendiri, kata White Hat dan Black Hat merupakan Julukan untuk hacker yang baik dan buruk.

White Hat merupakan hacker bertopi putih dalam artian hacker yang menggunakan keahliannya untuk kebaikan seperti menjaga keamanan suatu sistem, memperbaiki sisi lemah website, dan memperkuat sistem pertahanan suatu website.

Kebalikannya, Black Hat merupakan hacker yang menggunakan keahliannya untuk kejahatan seperti membobol kartu kredit, meretas akun, dan lainnya. Apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi White Hacker? Keahlian khusus apa saja yang diperlukan?

Baca Juga: Apa itu Ethical Hacker? Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

white_hacker

Sumber: pixabay.com

Berikut merupakan beberapa keterampilan yang dibutuhkan jika ingin menjadi White Hacker.

1. Keterampilan pemrograman

Situs web dan semua jenis perangkat lunak telah dikembangkan oleh Bahasa pemrograman yang berbeda. Sebagai White Hacker, Anda harus memiliki pemahaman yang tepat tentang Bahasa pemrograman yang berbeda.

Keterampilan ini akan membantu berbagai tugas yang mungkin memakan waktu jika menggunakan metode manual lainnya. Anda dapat menjelajahi kesalahan yang dibuat oleh pengembang yang dapat menjadi ancaman kemanan.

Bahasa pemrograman mana yang penting untuk White Hacker? Anda harus belajar Bahasa pemrograman yang berbeda untuk platform yang berbeda. Untuk aplikasi web, pelajari lah PHP, HTML dan JavaScript. Bahasa pemrograman penting lainnya meliputi SQL, Python, Perl, C, dan C ++.

2. Linux

Sebagian besar server web dijalankan di sistem operasi Linux. Peran yang paling sering sebagai White Hacker adalah mendapatkan akses ke server. Hal ini secara otomatis membuat Linux harus memiliki keahlian untuk White Hacker.

Anda harus memiliki pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang sistem operasi ini. Luangkan waktu untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang Distro yang ada di Linux.

4. Kriptografi

Salah satu masalah utama White Hacker adalah transmisi peran di antara orang yang berbeda. Jika disewa, Anda harus memastikan bahwa orang yang berbeda dalam suatu organisasi dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa pesan yang bocor ke orang yang salah. Hal inilah yang dimaksud dengan kriptografi. Ini memerlukan mengubah teks normal menjadi bentuk yang tidak dapat dibaca dan sebaliknya.

5. Database Management System (DBMS)

DBMS merupakan perangkat lunak dan protocol yang digunakan untuk membuat dan mengelola basis data. Salah satu hal yang paling ditargetkan oleh seorang peretas adalah basis data. Sebagai White Hacker, Anda perlu memanfaatkan kerentanan dan ancaman keamanan dari berbagai basis data.

Keterampilan pada DMBS akan membantu Anda untuk memeriksa sistem untuk integritas data dan konkurensi. Anda juga dapat melakukan pencatatan dan audit basis data.

6. Keterampilan Jaringan

Ancaman keamanan kebanyakan berasal dari jaringan. Hal ini menjadikan jaringan komputer keterampilan penting yang harus dipelajari oleh setiap White Hacker. Anda harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana komputer dalam jaringan saling terhubung.

7. Rekayasa Sosial

Sebagai White Hacker, Anda juga membutuhkan keterampilan sosial. Rekayasa sosial memerlukan memanipulasi atau meyakinkan orang untuk memeberikan informasi rahasia. Informasi tersebut bisa berupa kata sandi, detail keuangan, dan hal lainnya.

Dengan keterampilan rekayasa sosial, Anda dapat berinteraksi dengan target Anda tanpa mengungkapkan maksud dan tujuan Anda. Jika tidak memiliki keterampilan ini, mulai pelajari agar membantu menjadi White Hacker yang cerdas dan professional.

Baca Juga: Cara Mengamankan Website dari Serangan Hacker

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *