Perusahaan-Perusahaan Ini Terapkan Sistem Work From Home (WFH)

Situasi dunia saat ini tengah genting, apalagi setelah WHO mengumumkan tentang adanya pandemi virus Covid-19 atau yang biasa disebut sebagai virus Corona dan telah tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sehingga membuat beberapa negara menerapkan sistem Work From Home (WFH) untuk beberapa kantor pemerintahan hingga swasta.

Melihat penyebaran yang semakin meluas di Indonesia, membuat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pun menginstruksikan masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah yang tidak penting, serta menginstruksikan kepada perusahaan untuk menerapkan sistem Work From Home (WFH) dan sekolah serta kuliah secara online di rumah masing-masing.

Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian WFH (Work From Home)

Sebagian besar dari perusahaan sebenarnya telah memberlakukan system work from home terhadap karyawannya guna mengurangi penyebaran virus covid-19 atau yang biasa kita kenal sebagai virus corona. Akan tetapi tidak semua perusahaan merasakan bekerja dirumah atau work from home ini efektif dikarenakan oleh berbagai macam faktor.

Berikut kami paparkan survey dari beberapa perusahaan terkait dengan peraturan pemerintah yang menyarankan untuk work from home.

PT LOGIQUE Digital Indonesia

logique
PT Logique Digital Indonesia

Industry = IT

https://logique.co.id/

Perusahaan kami bergerak di bidang IT consultant. Kami sudah menerapkan sistem full remote working sejak bulan Maret ini sesuai dengan arahan tegas dari pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Walaupun baru awal Maret ini kami menerapkan sistem full remote working akan tetapi kami sudah memiliki dan menerapkan sistem ini sejak tahun 2018 lalu sebelum virus corona terjadi.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mempersiapkan Sistem WFH bagi Perusahaan

Perlahan-lahan kami juga merubah aturan perusahaan yang pastinya membuat karyawan kami dapat bekerja secara lebih flexible di mulai dari total jam kerja perhari, waktu mulai bekerja, hingga waktu inti bekerja.

Dalam penerapannya, Logique sendiri memiliki beberapa tools yang biasa digunakan sebagai penunjang dalam waktu work from home ini.

1. Dokodemo Kerja

Dokodemo-kerja adalah HR tools yang bisa memudahkan karyawan kami agak bisa bekerja lebih fleksibel dan lebih produktif meskipun menggunakan sistem kerja work from home. Dengan dokodemo Anda dapat “start” dan “stop” waktu kerja Anda sendiri.

Aplikasi ini juga disertai fitur “Screen Record” untuk bukti pekerjaan yang sedang Anda lakukan, dimana saat Dokodemo dijalankan, software dapat men-screen capture aktivitas kerja karyawan pada perangkat laptop atau komputernya.

Baca Juga: Logique Work From Home with Dokodemo

Dokodemo juga memiliki fitur yang dapat digunakan untuk menghitung durasi kerja harian sehingga pihak manajemen dapat mengetahui berapa jumlah waktu yang digunakan karyawan selama bekerja selama ini.

Melalui fitur-fitur tersebut karyawan akan tetap bisa memonitoring hasil pekerjaan mereka sendiri dan produktivitas mereka pun akan tetap terjaga.

Selain itu, dengan adanya Dokodemo-Kerja di masa work from home saat ini tidak hanya bisa memudahkan karyawan dalam hal menjaga efektifitas pekerjaan, namun juga dapat memudahkan supervisor atau manajer dalam memberikan penilaian evaluasi untuk hasil kerja dari para tim membernya.

2. Nippo

Selain menggunakan Dokodemo, produktivitas kerja karyawan juga dapat dilihat dari laporan harian hasil kerjanya. Salah satu software yang dapat Anda andalkan bernama Nippo.

Melalui aplikasi ini, karyawan dapat membuat laporan secara terperinci sekaligus dengan jumlah waktu yang dihabiskan untuk sebuah proyek. Nippo juga memiliki fitur tag person sehingga manajemen dapat mengetahui bagaimana kinerja karyawan ketika mereka bekerja secara tim. Evaluasi kinerja karyawan juga dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan melihat laporan harian karyawan melalui aplikasi ini.

3. Trello

Trello merupakan software untuk kolaborasi kerja yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah proyek bersama-sama. Software ini dapat memvisualisasikan alur kerja sebuah proyek dan membuat tugas karyawan menjadi lebih teratur. Trello merupakan salah satu manajemen proyek paling populer dan banyak digunakan untuk memantau tugas-tugas karyawan. Melalui Trello, pihak manajemen maupun tim HR dapat mengetahui apakah karyawan turut serta mengerjakan suatu proyek dan mampu menyelesaikannya tepat waktu.

4. Slack

Slack adalah sebuah aplikasi yang dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi secara langsung dan terhubung dengan tim lain. Melalui slack kita juga dapat berkomunikasi dengan sesama tim dan bersifat transparan melalui feature channel dan juga grup chat. Di dalam slack itu sendiri juga menyediakan feature voice call dan juga video call

Selain keempat diatas, kami juga menggunakan aplikasi lain seperti zoom, skype, google hangout yang menyediakan system video call secara grup yang dapat memudahkan kita untuk mengadakan meeting dengan cara jarak jauh

Bukalapak

buka lapak
BukaLapak

Industri : e-commerce

https://www.bukalapak.com/

Di bukalapak sendiri belum menjalankan sepenuhnya untuk work from home untuk mengurangi penyebaran virus corona. Masih ada beberapa divisi yang masih diharuskan datang ke kantor seperti call center, finance, network engineer dan juga posisi-posisi lainnya yang memang bertanggung jawab dari sisi operasional perusahaan.

Baca Juga: Point-point Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Kerja Remote

Pada dasarnya dalam kondisi work from home ini komunikasi menjadi hal yang penting. Untuk mengatur komunikasi yang baik biasanya para leader akan mengatur meeting mingguan menggunakan tools yang ada. Tools yang biasanya kami gunakan hanya sebatas email, zoom, dan juga skype. Pada saat ini kami belum memiliki tool yang bisa menunjang kami untuk bekerja secara remote.

Akan tetapi sering sekali ditemukan kendala apabila ada pekerjaan mendesak tim sedikit susah untuk di hubungi atau slow respon. Dan leader pun harus selalu menanyakan kepada tim terkait dengan progress pekerjaan.

DBS Bank

dbs bank
DBS Bank

Industri : banking

https://www.dbs.id/digibank/id/

Sebagai salah satu dari sector pengecualian yang sudah di tetapkan oleh pemerintah terkait penanggulangan virus coroan di Indonesia, bank DBS sudah melakukan work from home untuk sebagaian kecil karyawan dan sebagaian besar karyawan masih harus datang ke kantor atau divisi yang lain juga sebagian ada WFO/WFH (disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing)

Untuk WFH itu sendiri dirasa kurang efektif untuk menunjang performa pekerjaan karena tidak adanya aplikasi penunjang dan segala aktifitas pekerjaan masih dilakukan dengan cara email ataupun juga dengan chat.

Karena kurangnya aplikasi penunjang untuk pekerjaan ini dan pada dasarnya untuk business banking sendiri pekerjaan sering kali di lakukan based on paper karena itu cukup sulit untuk mengukur bagaimana keefektifan dan juga performa kita sewaktu work from home ini, belum lagi adanya human error yang sering kali terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts