Cara Waspada Terhadap Kejahatan Penipuan Online Saat Work From Home

Pada hasil riset terbaru menunjukkan peningkatan terjadinnya serangan siber di seluruh dunia termasuk di Indonesia dengan menggunakan isu Covid-19 sebagai sarana dalam meraih keuntungan secara illegal. Ada baiknya untuk orang-orang yang melakukan work from home mengadopsi Langkah-langkah keamanan yang biasa diterapkan di kantor.

Berikut merupakan beberapa tips dari Palo Alto Networks yang dapat melindungi Anda dari berbagai metode serangan siber yang biasa dilancarkan ketika sedang work from home.

1. Pencarian Online

Peretas telah terindikasi memanfaatkan pencarian online untuk tujuan yang tidak baik. Mereka menempatkan suatu tautan ke sebuah situs web yang menyebarkan malware atau ke situs web berisikan iklan yang muncul dari hasil pencarian Anda terhadap situs-situs web ataupun social media.

Tips untuk Anda, selalu aktifkan pemfilteran situs web pada perangkat lunak anti-virus Anda atau usahakan hanya mengakses situs media terpercaya ketika Anda ingin mendapatkan informasi.

Baca Juga: Menyamar Sebagai Aplikasi Populer, Zoom dan Skype Menjadi Target Kejahatan Siber

2. Konferensi Video

Tidak sedikit serangan kejahatan siber yang dilancarkan peretas ketika melakukan konferensi video, seperti tautan chat yang mengandung malware, meeting-bombing, muncul peserta yang tidak diundang. Hal tersebut dalam diatasi dengan beberapa Langkah ini:

  • Sertakan selalu password agar tidak ada sembarang orang asing yang muncul dan bergabung.
  • Tinjau Kembali pengaturan privasi.
  • Menyalakan notifikasi sehingga Anda tahu kapan seseorang bergabung serta menonaktifkan fungsi “Join Before Host”.
  • Gunakan system keamanan standar kantor Anda, terlepas dari platform konferensi video yang Anda pilih untuk digunakan.

3. Virtual Private Networks (VPN)

Banyak sekali upaya yang dilakukan perusahaan agar bisnis teru berlanjut. Tetapi belum banyak upaya yang dilakukan untuk membangun konetivitas dari jaringan kantor ke rumah. Router di rumah yang terhubung ke penyedia layanan internet seringkali di biarkan saja berada pada tempatnya dalam waktu yang cukup lama tanpa peduli perangkat tersebut masih menggunakan firmware usang. Hal ini yang membuat router yang di pakai dirumah menjadi sangat rentan.

Solusi yang mudah diterapkan yaitu dengan memastikan apakah Anda sudah menginstal firmware terbaru dan apakah kata sandi sudah dirubah. Anda juga perlu mengecek kapan terakhir kali router Anda memerlukan pembaruan. Hal ini penting untuk dilakukan karena pelaku kejahatan siber tahu jika Anda sedang bekerja dari rumah.

penipuan_onlince
Sumber: pexels.com

4. Phising

Metode ini merupakan metode serangan yang paling popular di Indonesia karena melibatkan pengiriman massal atau email/pesan individu yang dibuat secara khusus. Metode ini menggunakan teknik pendekatan ala marketing. Pelaku kejahatan akan mengirimkan pesan-pesan seolah mendorong Anda untuk tertau dengan informasi terkini terkait isu Covid-19.

Selalu waspada terhadap setiap email yang diterima dan pastikan untuk tidak sembarang mengklik karena peretas dapat langsung melakukan serangan pada saat sedang bekerja dari rumah.

5. Penipuan Online

Banyak pelaku kejahatan yang menggunakan cara seolah-olah menjual produk yang sedang langka di pasaran dan banyak dibutuhkan untuk keperluan penanganan Covid-19. Merekapun juga menawarkan layanan pengiriman ke pihak yang dituju oleh pembeli. Untuk menghindari hal ini, belilah hanya dari platform online yang terpercaya.

Baca Juga: Tips untuk Mengurangi Kejahatan Siber Saat Bekerja dari Rumah

6. Cloud

Karena cloud berperan penting dalam menghadirkan software sebagai layanan, sebaiknya tanyakan kepada staf IT perusahaan Anda untuk memastikan bahwa infrastruktur firewall perusahaan telah menerapkan threat intelligent yang mampu melihat lalu-lintas masuk dan keluar dalam jaringan.

Hal ini berfungsi untuk memastikan perangkat yang Anda gunakan untuk bekerja dari rumah sudah mendapatkan perlindungan dari kemungkinan terjadinya serangan pada saat Anda setiap kali mengakses jaringan perusahaan.

Dengan menggunakan tips-tips tersebut dan memiliki kesadaran secara general yang didukung oleh teknologi canggih, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengantisipasi kejahatan siber.keberhasilan pada setiap pelaporan dan pemblokirasn upaya serangan kejahatan siber akan melindungi Anda dan informasi pribadi Anda.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts