Zoom Gelontorkan Fitur Baru Demi Menghindari Serangan Zoombombing

Melonjaknya peretasan layanan konferensi video Zoom dengan menggunakan teknik Zoombombing membuat perusahaan itu meluncurkan pembaruan Zoom 5.0 untuk meningkatkan keamanan layanan panggilan video mereka.

Keamanan Zoom saat ini telah menjadi perhatian besar. Nama Zoom sendiri kian popular ketika marak dilakukan Lockdown yang memaksa banyak orang untuk bekerja dan belajar dari rumah akibat pandemi corona.

Dilansir dari laman resmi Zoom, CEO Zoom, Eric Yuan mengatakan “Hari ini kami mengumumkan peningkatan keamanan yang kuat pada permbaruan Zoom 5.0 yang akan datang, dengan menambahkan enkripsi AES 256-bit GCM. Penting bagi kami yang secara proaktif mengidentifikasi, mengatas dan meningkatkan kemampuan serta privasi platform Zoom selama 90 hari,” (25/04/2020).

Baca Juga: Ribuan Akun Zoom Dijual di Dark Web dan Forum Hacker

Fungsi enkripsi AES 256-bit GCM ini untuk meningkatkan perlindungan saat rapat online tengah berlangsung, dengan memberikan jaminan kerahasiaan serta integritas pada Zoom Meeting, Zoom Video Webinar, dan data Zoom Phone.

Zoombombing
Sumber: pixabay.com

Perusahaan juga memberikan kontrol host (penyelenggara rapat) yang lebih kuat. Host dapat melaporkan pengguna kepada Zoom melalui ikon Security. Bahkan host juga dapat menonaktifkan kemampuan peserta untuk mengubah nama tampilan profil saat mengikuti rapat.

Selain itu, terdapat fitur bawaan Waiting Room yang nantinya para peserta rapat akan disatukan di dalam fitur itu sehingga host dapat menyaring siapa saja yang boleh masuk agar terhindar dari Zoombombing.

Zoombombing merupakan gangguan dari luar yang dilakukan hacker berupa pembajakan konferensi video dengan mengirim gambar tidak senonoh atau ujaran kebencian yang disertai ancaman.

Kemudian peningkatan keamanan juga diterapkan pada kata sandi, seseorang yang ditunjuk sebagai host bisa memodifikasi kata sandi yang lebih kompleks berdasarkan ketentuan dari Zoom.

Baca Juga: Aplikasi Video Conference Mana yang Paling Irit Data?

Zoom juga melakukan peningkatan pada dashboard, yang memungkinkan host dapat melihat bagaimana pertemuan mereka terhubung ke pusat data Zoom. Semua pusat data tersebut terhubung ke server HTTP Tunnel dan Zoom Conference Room Connectors, seperti dilansir BGR.

ID rapat dan opsi undangan pun telah dipindahkan ke menu Participants sehingga menyulitkan para pengguna untuk secara tidak sengaja membagikan ID rapat mereka.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts