Pesan Aneh Menyebabkan Para Pengguna iPhone Hinga Mac Mengalami Eror

String Character atau susunan karakter aneh berhasil membuat semua perangkat Apple error. Saat karakter ini dikirim melalui layanan aplikasi pesan instan, email, atau aplikasi pesan lainnya, alhasil perangkat Apple yang menerima pesan tersebut akan terasa lebih lambat bahkan hingga berhenti berfungsi sementara.

Pada kasus ini, String Character tersebut dikirim melalui pesan teks berupa emoji bendera italia yang disertai karakter Bahasa Sindhi, yaitu Bahasa resmi Pakistan dan India. String merupakan gabungan huruf, angka, spasi, dan berbagai karakter lainnya.

Seorang pengguna melaporkan karakter aneh yang dikirimkan tersebut bahkan tidak perlu menambatkan bendera Italia untuk membuat kinjer iPhone terganggu.

Baca Juga:  Cara untuk Meningkatkan Privasi Aplikasi Video Konferensi

Berdasarkan informasi yang beredar di Reddit, String pertama kali beredar pada Twitter dan Telegram. Apple akan menanggulangi masalah bug ini melalui pembaruan iOS 13.4.2 atau 13.4.5 versi beta pada waktu dekat.

Pengguna tidak dapat mencegah error. Perangkat Apple nantinya akan mengalami crash dan tidak bereaksi (freeze) begitu pesan diterima.

String_character
Sumber Gambar dari Google

Jenis bug serupa sebetulnya sudah muncul sejak 2015. Kemudian kejadian serupa pun sempat muncul kembali pada tahun 2018. Saat itu, bug menyerang ribuan perangkat iPhone, iPad, dan Mac. Lalu Apple pun bergegas mengatasi masalah ini dengan merilis pembaruan iOS. Pelaku mengirimkan String dalam Bahasa Telugu (Bahasa utama yang dituturkan negara bagian Andhra Pradesh, Asia Selatan).

Jika iPhone Anda mendapatkan bug ini, berikut merupakan cara mengatasinya.

  1. Reboot

Tim Cook menyarankan penggunannya melakukan but ulang (reboot) perangkat jika mengalami kendala saat menerima bug String teks itu, seperti dilansir 9to5mac.

  1. Restore dalam mode DFU

Selain me-reboot, cara lain jika perangkat Apple menerima bug tersebut yait dengan DFU Mode, dilansir dari MacRumors. DFU Mode ini harus dilakukan sebagai jalan terakhir jika mengalami masalah pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad, bahkan Mac.

  1. Matikan Notifikasi

Bug ini pun mempengaruhi notifikasi pada perangkat. Disarankan pengguna mematikan notifikasi demi mencegah terserang bug tersebut.

Baca Juga:  Tips untuk Mengurangi Kejahatan Siber Saat Bekerja dari Rumah

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts