Usai Pandemi Corona, Kehidupan Digital di Indonesia Akan Berubah

Pandemi corona membuat masyarakat untuk melakukan work from home dan belajar dari rumah secara online. Hal tersebut memiliki arti bahwa ekosistem digital di Indonesia sudah kuat.

Dalam diskusi online, Rabu (22/4/2020) Vice President Marketing Biznet, Yudie Hayanto mengatakan “Internet behaviour kita berubah, ekosistem digital kita sudah siap. Tidak hanya selama pandemi, tetapi nanti cara kita bekerja dan belajar akan berubah karena situasi yang terjadi sekarang mengharuskan seperti ini.”

Biznet memantau perubahan aktivitas yang dilakukan pelanggan. Traffic internet tampak tinggi sekali untuk work from home, ibadah online, kursus online sampai tutorial olahraga di rumah. Pada akhir pekan, terjadi perubahan pada traffic dari urusan kerja dan belajar, menjadi hiburan. Namun volumenya tetap terlihat tinggi.

Baca Juga: 4 Situs untuk Melakukan Meeting Online Gratis Tanpa Harus Registrasi

“Kami mencatat terdapat kenaikan permintaan pemasangan baru sampai 30 persen dan mungkin masih bisa naik lagi karena Jawa Timur juga ada PSBB,” Ujar Yudie.

Tingginya kebutuhan internet saat pandemi Corona, Yudie mengharapkan pemda untuk membuka mata agar dapat mendukung dan memudahkan perizinan bagi penyedia layanan internet untuk dapat ekspansi. Biznet sendiri sedang merencanakan untuk ekspansi ke Jepara, Sanur dan Bandarlampung.

ekosistem_digital
Sumber: pexels.com

“Kondisi di daerah yang jaringannya susah, hal tersebut membuka mata kita juga terutama Pemda untuk dapat mendukung perusahaan seperti kita. Semoga hal ini menjadi pandangan baru,” Ucapnya.

Biznet menutup 100 toko, mematikan 1.300 dari 2.000 titik hotspot, menaikan bandwidth dan menurunkan harga instalasi. Mereka pun membuat panduan streaming untuk para guru dan komunitas serta layanan video conference meet.biznetgio.com dengan menggunakan bandwidth local.

Baca Juga: Topik yang Paling Banyak Dicari Tengah Pandemi Corona

Jika terdapat peningkatan pada kebutuhan internet rumahan, Yudhie mengungkapkan sebagian dari pelaku usaha justru mengalami kewalahan untuk tetap berlangganan internet karena usaha mereka tutup.

Karena mengalami tutup total, Hotel, kafe dan restoran juga banyak yang meminta relaksasi, potongan harga, minta pengurangan harga serta downgrade layanan.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts