Ribuan Akun Pengguna Zoom Dijual di Dark Web dan Forum Hacker

Akun pengguna Zoom dilaporkan dijual pada situs dark web dan forum hacker. Jumlah akun yang dijual mencapai ratusan ribu. Dark web merupakan bagian dari internet yang tidak dapat diakses sembarang orang. Cara hacker meretas ribuan pengguna akun tersebut dengan cara membobol akun tersebut. Setelah berhasil login, mereka berupaya mebobol sistem privasi data Zoom.

Peretas menghimpun ratusan ribu akun tersebut dan dijual kepada peretas lain. Akun yang dijual ini dimaksudkan untuk melakukang serangan Zoombombing, seperti dikutim MacRumors. Zoombombing merupakan gangguan yang dilakukan oleh peretas dengan cara membajak konferensi video lalu mengirimkan gambar-gambar tidak senonoh atau ucapan kebencian yang disertai ancaman.

Baca Juga: Menyamar Sebagai Aplikasi Populer, Zoom dan Skype Menjadi Target Kejahatan Siber

zoom
sumber: pixabay.com

Pada tanggal 1 April lalu, Peneliti dari Cybersecurity Cyble melihat adanya proses jual-beli akun Zoom pada salah satu forum peretas. Cyble telah melaporkan 290 akun pengguna Zoom yang memiliki keterkaitan dengan beberapa universitas di Amerika Serikat dijual pada dark web seperti University of Lafayaette, University of Florida dan beberapa universitas lainnya.

Akun Zoom dari perusahaan ternama AS seperti Chase dan Citibank juga dijual pada Dark Web oleh hacker. Peretas menjual akun-akun tersebut dengan harga yang sangat murah, mulai dari USD 0,002 per akunnya. Tidak berupa akun saja, peretas pun juga mendapatkan link, email, serta kata sandi ketika sebuah perusahaan atau Lembaga lain yang hendak mengadakan rapat online.

Maka dari itu Cybersecurity Cyble menyarankan kepada penggguna aplikasi video conference Zoom untuk sering mengubah kata sandi akun mereka untuk mengurangi akunnya diretas oleh pelaku kejahatan siber.

Baca Juga: Cara untuk Meningkatkan Privasi Aplikasi Video Konferensi

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts