Topik yang Paling Banyak Dicari Tengah Pandemi Corona

Google memberikan data terhadap penelusuran selama wabah virus corona di Indonesia selama Maret 2020 melalui fitur Google Trend.

Fitur Google Trend merupakan suatu alat untuk melihat tren penelusuran saat ini dengan menunjukkan seberapa sering istilah penelusuran yang diberikan dimasukkan ke dalam mesin pencari Google, relatif terhadap total volume suatu penelusuran situs selama periode waktu tertentu.

Pengguna Google di Indonesia banyak yang masih mempelajari tentang virus Corona, Sebagian besar penelusuran masih mengenai seputar gejala, bagaimana penyebarannya, pencegahannya, hingga kabar terkini situasi penyebaran di tanah air.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Corona, Google Mencatat Penurunan Mobilitas Pengguna

Peningkatan minat penelusuran terjadi pada 16 Maret 2020 dengan topik pertanyaan paling popular tentang virus Corona yaitu “Bagaimana cara mencegah virus Corona”. Pertanyaan tersebut meningkat hingga lebih dari 3.840 persen.

Pertanyaan terpopuler kedua yaitu “Apa itu Covid-19” dan diikuti dengan pertanyaan terpopuler ketiga yaitu “Bagaimana penyebaran virus Corona”. Penelusuran pertanyaan ketiga melonjak pada Maret 2020 lebih dari 3,010 persen.

Topik
Sumber: unsplash.com

Selain itu, per 3 April 2020, Google Trend mencatat topik utama dari penelusuran mengenai virus Corona didominasi dengan pertanyaan seputar gejala. Pertanyaan mengenai gejala-gejala orang yang terkena Covid-19 meningkat hingga lebih dari 9,800 persen. Pertanyaan teratas lainnya mengenai virus Corona yaitu berapa hari masa inkubasi Covid-19.

Menurut Google, provinsi dengan minat penelusuran mengenai virus Corona tertinggi mencakup Bali pada posisi pertama, diikuti kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Kepulauan Riau, Yogyakarta, dan Kalimantan Selatan.

Kota dengan minat penelusuran seputar virus Corona tertinggi terakhir yaitu Kuta Utara pada posisi teratas, diikuti Kota Agung, Karangasem, Betun, Abiansemal, Gianyar, Toboali, Kuta, Nganjuk, dan Pagar Alam.

Baca Juga: Cara COVID-19 Mempengaruhi Search Traffic dan Bagaimana Ahli SEO Bisa Meresponnya

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts