Keuntungan dan Kerugian WFH (Work From Home)

Situasi dunia saat ini WHO telah mengumumkan tentang pandemi virus Covid-19 atau yg biasa disebut sebagai virus Corona di seluruh dunia. Presiden Joko Widodo pun menginstruksikan masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktivitas diluar rumah yang tidak penting, termasuk menerapkan sistem Work From Home dan sekolah serta kuliah secara online di rumah masih-masing.

WFH sekarang ini menjadi dambaan banyak orang, apalagi untuk para generasi milenial saat ini, termasuk kami PT Logique Digital Indonesia. Bagaimana tidak? Anda tidak perlu bangun pagi kemudian mandi dan siap-siap berangkat ke kantor menerjang kemacetan jalanan yang menyita banyak waktu. Cukup menggunakan baju seadanya saja kemudian membuka laptop dari rumah dan bekerja.

WFH ini merupakan langkah strategih yang diambil pemerintah untuk mengurangi wabah COVID-19 dengan lebih maksimal yang semakin luas diseluruh Indonesia. Akan tetapi, kebijakan untuk melakukan aktivitas di rumah nyatanya menuai pro dan kontra dari masyarakat, terutama soal bekerja dirumah atau work from home ini, yang mana sangat berdampak pada operasional bisnis sehari-hari. Berikut beberapa keuntungan dan kerugian bekerja dirumah atau work from home :

                KEUNTUNGAN DARI WORK FROM HOME.

  1. Bekerja lebih fleksibel.
    Yang dimaksud dengan fleksibel disini adalah anda bisa bekerja di area manapun ketika dirumah. Seperti ruang makan, kamar tidur, ruang tamu, teras rumah, dan lain-lain.
  2. Mengurangi biaya transportasi.
    Salah satu keuntungan ini adalah anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar ongkos transportasi atau biaya bensin. Anda juga bisa menghemat waktu di perjalanan. Bagi anda yang sering terjebak kemacetan di jalan menuju kantor, manfaatkanlah keuntungan WFH ini sebaik mungkin. Anda pun bisa meminimalisir tingkat stress yang dialami.
  1. Produktifitas yang meningkat.
    Selain kemacetan lalu lintas dari rumah menuju kantor, salah satu pemicu stress ialah menumpuknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Apabila anda adalah tipe orang yang dapat mengelola waktu dengan baik, WFH ini tentunya tidak akan menjadi masalah.
    Ketika stress yang dirasa tak jadi beban, tentu saja produktifitas akan menjadi meningkat. Dengan begitu, anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
  2. Terhindar dari distraksi di tempat kerja.
    Ya, harus diakui ada banyak distraksi yang mungkin bisa terjadi di tempat kerja. Misalnya suara gaduh, teman yang suka mengobrol, suara rekan kerja yang sedang menelpon, AC yang tidak atau terlalu dingin, dan sebagainya.
    Ketika bekerja dirumah, anda bisa menciptakan suasanya yang aman, nyaman dan kondusif. Misalnya anda bisa bekerja di teras belakang rumah dan di temani segelas teh hangat, atau anda bekerja di ruang tamu diiringi musik instrumental guna menambah konsentrasi. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari segala macam distraksi yang tak diinginkan. Jadi lebih produktif.

                    KERUGIAN DARI WORK FROM HOME.

  1. Biaya listrik dan internet membengkak.
    Ketika bekerja di kantor, perusahaanlah yang menanggung biaya listrik dan internet. Namun, berbeda halnya ketika kita bekerja di rumah, karena kemungkinan biaya listrik dan internet akan membengkak lantaran pemakaian terus-menerus.
    Guna meminimalisir kerugian WFH ini, sebaiknya anda memiliki budget khusus supaya tidak membengkak.
  2. Komunikasi yang kurang lancar dengan rekan kerja.
    Idealnya, meeting dikantor sering dilakukan dengan tatap muka di satu ruangan khusus. Akan tetapi ketika WFH ini, mau tidak mau karyawan harus mengandalkan teknologi untuk berkomunikasi dengan rekan lainnya.
    Jangan khawatir, teknologi jaman sekarang sudah canggih dan dapat diandalkan. Jika ingin berkomunikasi dengan rekan lain entah untuk diskusi, meeting, brainstorming, manfaatkanlah social messenger atau Slack seperti yang Logique gunakan. Jika ingin conference call, andalkanlah Zoom, Skype, atau, Google Hangout.

  3. Tidak semua pekerjaa dilakukan dengan konsep ini.
    Pada kenyataannya beberapa data yg harus dikerjakan ada di kantor, tetapi semenjak WFH ini kita bingung, bagaimana cara kita untuk mendapatkan data tersebut? Nah, kita sebagai karyawan yg membutuhkan data tersebut mau tidak mau datang ke kantor untuk mengambil data terserbut, tentunya dengan alat pelindung diri (APD) yg telah ditetapkan oleh pemerintah seperti, hand sanitizer, masker, dan bawalah tissue Setiap menyentuh sesuatu biasakan langsung menggunakan hand sanitizer atau tissue basah tersebut dan banyaklah meminum air, agar kita terhindar dari pandemi virus COVID-19 ini.

 

Sebagai kesimpulan, WFH ini bisa dilakukan dengan efektif apabila menjalankannya dengan bertanggung jawab. Jangan lupa untuk memaksimalkan komunikasi guna menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Manfaatkanlah teknologi dengan baik, buatlah daftar hal-hal yang ingin dikerjakan dengan lebih terencana, sertakan pula output yang diharapkan. Harapannya, perusahaan dan karyawan tidak akan melewatkan satu hari WFH pun dengan ketidakproduktifan.

Akhir kata, selamat bekerja dirumah dan selamat menyelesaikan tanggung jawab anda. Mari menjaga Indonesia dan berdoa bersama agar wabah COVID-19 bisa segera berakhir sehingga semua aktifitas bisnis bisa berjalan normal kembali.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *