Di Tengah Pandemi Corona, Google Mencatat Penurunan Mobilitas Pengguna

Sumber: unsplash.com

Google mengalami penurunan pergerakan pengguna di Indonesia dan seluruh dunia pada beberapa pekan terakhir. Hal ini dilaporkan oleh Google untuk membantu pengawasan pembatasan aktivitas di luar rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemic virus corona. Google menggunakan data lokasi yang dikumpulkan dari ponsel penggunannya yang ada di seluruh dunia.

“Google membuat laporan ini guna membantu Anda serta otoritas Kesehatan public untuk mengerti repons dari panduan social distancing terkait covid-19,” dilansir dari CNNIndoensia.com.

Laporan tersebut menunjukkan tren yang berlangsung dalam beberapa minggu terakhir dengan pembaruan data terakhir pada 26-27 Maret lalu.

Berdasarkan laporan Google, mobilitas masyarakat mengalami penurunan hingga 27 persen pada pusat perbelanjaan dan pada apotek. Pada tempat wisata seperti taman public, taman nasional dan pantai juga mengalami penurunan 52 persen. Mobilitas masyarakat pada stasiun kereta dan terminal merosot 54 persen dan pada daerah perkantoran juga menurun 15 persen.

Baca Juga: Cara COVID-19 Mempengaruhi Search Traffic dan Bagaimana Ahli SEO Bisa Meresponnya

Google
sumber: unsplash.com

Perusahaan meyakinkan tidak ada data spesifik individual yang dibagikan dalam pengumpulan data yang dilakukan. Data bersifat anonim sehingga tidak akan menunjukkan riwayat kontak, lokasi atau pergerakan spesifik sesuai dengan kaidah perlindungan data pribadi.

Dikutip dari The Verge, Google memiliki data mobilitas pengguna pada 131 negara. Salah satunya di Amerika Serikat, pengguna dapat mengetahui data yang spesifik ke wilayah tertentu dan dapat mengunduh laporan di sini. Data ini hanya sekedar melaporkan presentase penurunan data mobilitas dan tidak mencatat durasi seseorang yang sedang berada di luar rumah atau lokasi spesifik yang dituju.

Negara-negara yang telah sukses memerangi covid-19 menerapkan pelacakan contact tracing dan pencatatan data lokasi yang berkaitan erat dengan perlindungan data pribadi. Google saat ini tengah mempertimbangkan permintaan otoritas kesehatan untuk melakukan contact tracing.

Baca Juga: Malware Corona yang Dapat Menghapus serta Mencuri Data Pada Hard Drive

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts