Cara untuk Meningkatkan Privasi Aplikasi Video Konferensi

Aplikasi video konferensi belakangan ini sangat popular karena wabah virus corona yang membuat masyarakat melakukan work from home, e-learning dan aktivitas dirumah lainnya. Dengan aplikasi video konferensi mereka tetap dapat melakukan rapat jarak jauh maupun kuliah online.

Banyak aplikasi-aplikasi yang dapat menjadi pilihan alternative seperti Skype, Google Hangouts, Go To Meeting dan Zoom. Deretan aplikasi tersebut juga rentan keamanan. Contohnya Zoom yang baru-baru ini menjadi sorotan setelah kerentanan kemanan data pengguna pada aplikasi tersebut terungkap. Mulai dari data yang dibagikan ke Facebook dan LinkedIn, menyalahi keamanan privasi pada Mac, hingga layanan video call yang mudah diretas.

Baca Juga: Akibat Covid-19, Skype Mengalami Peningkatan Pengguna Aktif

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat meningkatkan privasi serta keamanan saat menggunakan aplikasi video konferensi.

1. Pastikan Server Aman

Selalu memastikan bahwa server yang sedang digunakan aman. Server yang aman akan membantu perusahaan menjaga privasi karyawan tanpa mengurangi komunikasi-komunikasi penting.

2. Hosting Mandiri

Langkah ini memiliki keuntungan tambahan seperti tidak adanya layanan komputasi awan pusat yang bertindak sebagai jaringan untuk semua data Anda.

3. Enkripsi

Enkripsi seluruh data video dan audio melalui perangkat lunak yang sesuai demi melindungi privasi Anda.

aplikasi video conference
Sumber: pexels.com

4. Perbarui Aplikasi

Selalu memperbarui perangkat lunak yang sering Anda gunakan. Dengan begitu, setidaknya Anda mengupgrade keamanan aplikasi sehingga tidak rentan untuk diserang oleh hacker.

5. Menggunakan Sistem Masuk Tunggal

Dengan menggunakan system masuk tunggal untuk otentikasi pengguna, hal ini dapat mengurangi resiko kehilangan atau kompromi kredensial Anda. Hal tersebut memungkinkan tim Keamanan IT untuk mengidentifikasi pelanggaran serta mengunci system untuk mengontrol kerusakan yang terjadi.

Baca Juga: Malware Corona Dapat Menhapus serta Mencuri Data Pada Hard Drive

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts