Cara COVID-19 Mempengaruhi Search Traffic dan Bagaimana Ahli SEO Bisa Meresponnya

Setiap praktisi SEO bertanya “Bagaimana COVID-19 mempengaruhi matriks SEO?” Jawabannya yaitu tergantung. Karena pencarian merefleksikan kebiasaan manusia. COVID-19 tentunya mempengaruhi tiap industri dengan cara yang berbeda.

Contohnya, seperti ketika orang-orang sedang mengantri saat ingin membayar barang belanjaannya di supermarket. Website E-commerce yang menjual kebutuhan serupa juga mengalami permintaan dan traffic yang besar. Hal tersebut juga menggantikan Sebagian besar berita diluar.

Berikut merupakan beberapa dampak yang dihasilkan COVID-19 terhadap SEO dan bagaimana cara meresponnya dari berbagai data website.

Baca Juga: Bagaimana Cara SEO E-A-T Bekerja? Mengapa Web Membutuhkannya?

SEO
Sumber: unsplash.com

Lonjakan Peningkatan Traffic Pada Website E-Commerce

Pastinya tidak hanya satu website e-commcerce saja (setidaknya yang menjual kebutuhan penting) yang mengalami lonjakan besar dalam impressions dan trafficnya. Traffic yang berdatangan dari tiap orang yang sedang mencari tisu, hand sanitizer, tisu basah, masker dan sebagainya yang produk tersebut merupakan produk perncarian yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi pandemic saat ini.

Permintaan ini sama halnya seperti produk alternative lainnya, menciptakan kueri baru seperti “ penjual masker di dekat saya” atau “penjual tisu basah di sekitar saya.” Disisi lain, penjual dengan barang yang tidak menjual produk yang berkaitan dengan pandemic akan mengalami penuruan yang sangat signifikan.

Respon yang Baik

Bagi para praktisi SEO dalam e-commerce, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat segmen dari halaman produk yang tinggi permintaan, berdasarkan data traffic website, untuk mengawasi perubahannya. Jangan lupa untuk melakukan crawl bagi halaman tersebut secara berkala. Mengawasi file log website untuk memastikan mereka tidak menyediakan bot error dalam menghadapi permintaan pengguna. Buat halaman tersebut dengan mudah untuk ditemukan dari navigasi website Anda. Perhatikan juga data kueri pada halaman tersebut dan pastikan konten merefleksikan intensi pengguna saat ini.

Lonjakan Peningkatan Traffic Pada Website Kesehatan

Belakangan ini, Google sering menindak konten yang berkaitan dengan saran dan informasi isu Kesehatan (tergantung kualitas pedoman mereka), dengan standar tinggi. Sebagai  hasil merebaknya COVID-19, website Kesehatan dan kesejahteraan mengalami lonjakan traffic yang cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan kueri yang semakin berkembang seperti “gejala virus corona” atau “pencegahan virus corona”

Respon yang Baik

Berusaha keras untuk E-A-T (Expertise-Authoritativeness-Trust) dengan jenis konten yang menyesuaikan dengan isu saat ini lebih penting daripada sebelumnya. Orang-orang akan beralih ke mesin pencari untuk menjawab pertanyaan medis mereka.

Website Berita Mengalami Permintaan yang Sangat Tinggi

Lonjakan yang besar terjadi pada bagian impressions dan traffic pada website penerbit khususnya berita. Banyak orang-orang yang mencari peta pesebaran virus corona dan bagaimana virus ini berdampak pada stok pasar. Hal yang dapat dipastikan untuk saat ini, tentunya akan melihat informasi dan berita seputar hal tersebut.

Respon yang Baik

Jika jurnalis yang senantiasa melaporkan suatu berita dan pembaruan tentang virus corona, penerbit dalam SEO dapat menawarkan dukungan seperti:

  • Mengawasi halaman tanggal unggahan untuk memastikan bot mesin pencari melakukan crawl pada halaman baru.
  • Menggunakan data pencarian untuk menginformasikan minat publik pada situasi saat ini.
  • Mengawasi file log untuk memastikan halaman AMP tidak terjadi kegagalan saat dimuat.
  • Mengkoordinasikan konten yang memiliki daya tahan lama untuk mengimbangi volatilitas musiman dan berbasis berita.

Baca Juga: 9 Cara Optimasi SEO untuk Meningkatkan Website Ranking di Google

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts