Tips untuk Mengurangi Kejahatan Siber Saat Bekerja dari Rumah

Perusahaan memberlakukan sistem kerja remote atau work from home sebagai upaya meminimalkan keramaian untuk mencegah penularan pandemic virus corona saat ini. Seiring kasus virus corona yang bergejolak, pelaku kejahatan siber mulai memanfaatkan kepanikan publik. Kaspersky terus mendeteksi serangan baru yang digunakan para hacker yang memanfaatkan isu terkait COVID-19.

Peneliti keamanan utama perusahaan keamanan cyber Kaspersky, David Emm mengatakan “kami mendorong perusahaan agar tetap sangat waspada dan memastikan karyawan yang bekerja dari rumah untuk tetap berhati-hati. Perusahaan harus tetap berkomunikasi dengan jelas dengan karyawan untuk memastikan mereka mengetahui risiko, dan melakukan cara untuk mengamankan akses jarak jauh bagi mereka yang terisolasi atau bekerja dari rumah.”

Kespersky menemukan file berbahaya yang disamarkan penyerang sebagai dokumen yang terkait dengan virus. File tersebut berbentuk file pdf, docx, dan mp4 tentang virus corona. File-file ini berisi ancaman dari trojan hingga worm yang dapat menghancurkan, memblokir, menyalin data, serta mengganggu pengoperasian computer maupun jaringan computer.

kejahatan_siber
Sumber: unsplash.com

Baca Juga: Bagaimana Perlindungan Data Pribadi di Indonesia?

Berikut merupakan beberapa Langkah-langkah untuk mengurangi risiko terkenanya kejahatan siber saat sedang bekerja dirumah yang direkomendasikan oleh Kaspersky.

  1. Sediakan VPN untuk karyawan agar terhubung ke jaringan perusahaan dengan aman. Semua perangkat perusahaan harus dilindungi dengan software keamanan yang sesuai, contohnya yaitu kemampuan penghapusan data pada perangkat yang dilaporkan hilang atau dicuri, membatasi aplikasi mana yang dapat dipasang pada perangkat dan lainnya.
  2. Selalu memperbarui sistem operasi dan aplikasi.
  3. Membatasi hak akses pihak manapun untuk terhubung ke jaringan perusahaan.
  4. Selalu memperingati karyawan untuk menyadari bahaya menanggapi pesan yang tidak dikenal sumbernya.
  5. Mengedukasi karyawan tentang dasar-dasar kemanan siber, contohnya tidak membuka maupun menyimpang file dari email ataupun situs web yang tidak dikenal.
  6. Menggunakan software legal yang diunduh dari sumber resmi.
  7. Membuat back up data penting dan memperbarui peralatan serta aplikasi TI secara teratur agar terhindar dari kerentanan yang tidak tertandingi yang menjadi penyebab pelanggaran.

Baca Juga: Cara untuk Tetap Produktif Saat Melakukan Work From Home

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts