Cara untuk Tetap Produktif saat Melakukan Work From Home

Wabah virus corona sebagai pandemic global membuat pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas dirumah saja. Pemerintah juga mengimbau perusahaan untuk melakukan work from home demi mengurangi penularan wabah virus corona.

Work from home merupakan konsep dimana karyawan suatu perusahaan melakukan pekerjaan dirumah. Bekerja dari rumah memungkinkan karyawan bekerja dengan jam yang fleksibel. Work from home juga dinyatakan dapat membantu karyawan untuk menyeimbangkan dunia kerja dan kehidupan sehari-harinya.

Kerja dari rumah memiliki banyak manfaat. Maka dari itu, beberapa perusahaan ada yang memberikan fasilitas kerja remote kepada karyawan. Apa saja manfaat yang didapatkan dari work from home?

  1. Mengerjakan pekerjaan dalam kondisi paling nyaman. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas kerja jika dilakukan dengan benar.
  2. Lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan karena tidak perlu bersinggungan dengan orang lain.
  3. Work-life balance dapat diatur Kembali dengan menentukan kapan waktu bekerja serta kapan waktu bersantai.
  4. Hemat waktu karena tidak perlu pergi ke kantor dan menghadapi kemacetan.
  5. Perusahaan dapat menghemat anggaran pengeluaran.

Baca Juga: Bagaimana Perlindungan Data Pribadi di Indonesia

work_from_home
Sumber: unsplash.com

Untuk Anda yang diharuskan work from home oleh perusahaan, berikut merupakan informasi-informasi yang perlu diketahui agar manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan secara maksimal.

1. Bangun Tidur Jangan Langsung Bekerja

Saat work from home Anda harus tetap menjalankan rutinitas pagi yang biasa Anda lakukan. Sebisa mungkin untuk menghindari langsung bekerja, seperti mengecek email setelah bangun tidur. Buat diri bersiap untuk beraktivitas misalnya sarapan terlebih dahulu.

2. Merapikan Ruang kerja Anda

Suasana sangat berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas kerja, begitu pun saat bekerja dari rumah. Suasana rumah yang cenderung santai dapat membuat produktivitas menurun. Agar tidak terjadinya hal tersebut, sebisa mungking diperlukan untuk menghindari Kasur dan mencari tempat kerja yang lebih sepi.

3. Tetap Punya Jam Kerja Reguler

Walaupun kerja dari rumah, Anda harus selalu memastikan untuk mengatur waktu dengan baik. Kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat. Layaknya bekerja di kantor, Anda harus memastikan untuk tidak menunda waktu bekerja dan tidak lupa untuk menjadwalkan jam istirahat untuk makan siang. Walaupun kerja dari rumah, kam bekerja harus selalu tetap berjalan dengan normal.

4. Membuat To-do List

Saat bekerja dirumah, tak jarang untuk orang-orang menjadi bingung bahkan lupa dengan pekerjaan yang harus diselesaikan. Ada baiknya untuk membuat list tentang hal apa saja yang harus dikerjakan. Hal ini dapat membantu supaya tidak membuang-buang waktu dalam menyelesaikan tugas Anda.

5. Bersahabat dengan Internet dan Teknologi

Bekerja dengan system kerja remote akan membuat Anda menggunakan internet dan berbagai teknologi seperti laptop atau aplikasi tertentu yang menunjang produktivitas kerja. Anda juga dituntut untuk selalu online.

Baca Juga: Dokodemo-Kerja Versi Baru akan Segera Diluncurkan!

Aplikasi apa saja yang dapat membantu Anda untuk tetap produktif? Berikut adalah list aplikasi yang dapat membantu Anda saat kerja dari rumah.

1. Dokodemo-Kerja

Dokodemo-Kerja merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk Anda yang diharuskan perusahaan untuk bekerja dari rumah. Aplikasi ini memiliki fitur untuk melihat berapa lama jumlah jam kerja pada hari ini dan minggu ini. Anda dapat “start” dan “stop” waktu kerja Anda sendiri. Aplikasi ini juga disertai fitur “Screen Record” untuk bukti pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

2. Zoom

Zoom dapat mengadakan meeting secara online hingga 100 peserta. Aplikasi ini sangat cocok digunakan dalam rapat perusahaan yang memang memiliki banyak peserta.

3. Slack

Dengan Slack, Anda dapat mengirim pesan dan dokumen-dokumen dengan rekan kerja. Aplikasi ini juga menyediakan fitur call secara gratis untuk menelpon rekan kerja Anda.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts