Mengenal Denial of Service (DoS) Serta Cara Mengatasinya

Denial of Service atau DoS merupakan serangan yang terbilang cukup kuat untuk melukai sebuah infrastruktur dari suatu organisasi. Serangan ini bertujuan untuk mencegah pengguna menikmati layanan yang diberikan suatu server dan pada akhirnya server tersebut akan down.

Serangan DoS memiliki sifat satu lawan satu, sehingga dibutuhkan host yang dapat membanjiri lalu lintas sebuah host target sehingga mencegah klien untuk mengakses layanan jaringan pada server yang dijadikan target oleh penyerang.

Baca juga: Apa itu Phising? Bagaimana Cara Mencegahnya?

2 Macam Penyerangan yang Sering Digunakan

Dalam serangan DoS ini, penyerang akan mencoba mencegah akses pengguna pada suatu sistem atau jaringan dengan menggunakan beberapa cara berikut.

  1. Membanjiri lintas jaringan server dengan data – data agar pengguna tidak dapat memasuki ke dalam sistem jaringan dikarenakan jaringan tersebut penuh. Teknik ini dinamakan sebagai traffic flooding.
  2. Membanjiri jaringan dengan permintaan – permintaan kepada layanan jaringan yang disediakan suatu host sehingga pengguna terdaftar tidak bisa masuk kedalam layanan tersebut. Teknik ini dinamakan sebagai request flooding.

Baca juga: Segera Update Google Chrome Terbaru untuk Hindari Zero Day Attack

DoS
Sumber: datto.com

Cara Mengatasi Serangan DoS

  1. Menggunakan firewall untuk menghindari serangan yang bertujuan untuk menyerang data – data yang ada di komputer Anda.
  2. Melakukan blocking terhadap IP yang terlihat mencurigakan. Jika port telah dimasuki, maka komputer Anda akan terkuasai oleh si penyerang. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan firewall yang di kombinasikan dengan IDS (Instrusion Detection System).
  3. Menolak paket data dan mematikan service UDP (User Datagram Protocol).
  4. Menggunakan anti virus yang dapat menangkal serangan data seperti Kapersky.
  5. Melakukan filtering pada permintaan ICMP (Internet Control Message Protocol) echo pada firewall.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa web development, app development, web design, digital marketing, dan lain-lain. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts